Waspadalah ! Penipuan Berkedok Bansos

1823 views
image

ilustrasi /google

bantenday.com, – Waspadalah dengan aksi penipuan dengan modus meminta sumbangan sosial, baik yang dilakukan dengan cara mendatangi rumah-rumah maupun meminta-minta di ruang publik atau di jalan. Ini mengingat, baru-baru ini Dinas Sosial (Dinsos) Lebak berhasil membongkar sindikat penipuan dengan modus meminta sumbangan kepada masyarakat yang dilakukan di pinggir jalan.

“Belum lama ini kami menemukan aksi penipuan berkedok sumbangan yang dilakukan di pinggir jalan di sekitar kota Rangkasbitung. Mirisnya, pelaku masih anak-anak berusia sekitar 17 tahun,” Kepala Seksi Bimbingan Sosial Dinsos setempat, Hadi  Susanto, Rabu 16 maret 2016.

Kata dia, aksi penipuan berkedok sumbangan itu terungkap saat pelaku meminta sumbangan dengan sebuah kotak kardus yang bertuliskan meminta sumbangan untuk membantu proses pengobatan orang tuannya yang sedang kritis di rumah sakit. Merasa curiga, dirinya kemudian menelusuri kebernarnnya dengan mewawancarai pelaku dan mengecek ke Rumah Sakit tempat orang tuannya di rawat.

“Pelaku saya minta untuk menunjukan di ruangan mana orang tuannya di rawat. Kalau  benar maka ini akan menjadi tangungjawab kami dan akan segera kami bantu. Sayangnya, setelah di cek ternyata bohong, orang tuanya dalam keadaan sehat dan tidak di rawat di Rumah Sakit,” katanya.

Mirisnya kata dia, setelah di desak pelaku mengaku jika dirinya hanya di suruh oleh seseorang. Artinya, aksi penipuan seperti ini dilakukan terorganisir, ada pelaku lain yang mengarahkan orang-orang suruhannya untuk beraksi di jalanan. Sehingga, kasus ini akan menjadi sorotan pihaknya agar tidak ada lagi kasus semacam ini.

“Setelah kami data dan diberikan pengarahan, pelaku kami serahkan kepada orang tuannya. Jika ke depan kedapatan masih melakukan aksi yang sama, maka kami akan memberikan sanksi tegas, bila perlu akan kami laporkan kepada aparat kepolisian, karena apa yang dilakukannya masuk dalam tindakan penipuan. Kami menghimbau kepada masyarakat untuk lebih hati-hati terhadap aksi-aksi semacam ini,” tukasnya. (HZ/a1)

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Penulis: 
author

Isi dengan Komentar anda...