Tolak Reklamasi Pantai Utara Tangerang !

927 views

image

Aksi protes menolak reklamasi pantai utara Tangerang, dengan membuat perhu kertas dalam aksi tersebut/gus

Bantenday.com, Tangerang – Sejumlah elemen melakukan aksi penolakan terhadap reklamasi pantai tangerang Utara, pasalnya kegiatan tersebut dinilai merupakan bentuk ketamakan dan penindasan korporasi yang didukung penguasa.

Masa yang menamakan diri sebagai Panca Cita Persatuan Rakyat Banten tersebut terdiri dari Front Kebangkitan Petani dan Nelayan, Forum Aksi Mahasiswa Tangerang, Dewan Pimpinan Kampus Serikat Mahasiswa Gerakan Indonesia, FKPN, DPK SMGI IAIN SMH Banten, Bina Bangsa, Unis Tangerang dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Dalam aksi protes ini sebelum mengepung pusat pemerintahan kabupaten Tangerang dengan ke kmKuningan Jakarta, mereka minta dukungan moril kepada pemerintah Kota Tangerang.

Menurut Septian, kegiatan reklamasi yang belum memiliki kekuatan hukum sudah melakukan Aktifis pengurukan pasisir pantai pantura.

” Kami menolak reklamasi Karena  semakin menekan kesulitan hidup masyarakat di pesisir utara tangerang. Pemerintah Kabupaten Tangerang pun di duga sudah tutup mata dengan adanya  aktivitas tersebut.” ungkap Septian, Kamis 14 April 2016.

Lebih lanjut Septian menegaskan penambangan pasir laut tersebut mengakibatkan kerusakan ekosistem laut yang semakin parah. Diantaranya adalah abrasi pantai, kelangkaan ikan tangkap nelayan, serta hancurnya karang laut.

Sekedar diketahui dokumen tersebut berisi kerjasama antara Koperasi tirta Niaga Pantura dengan BUMD Banten Global Development (BGD) dan Banten Global Property (BGP) untuk kembali melakukan penambangan pasir laut. Akibatnya, setelah adanya dokumen tersebut kemudian keluar perizinan baru untuk dua lokasi tambang oleh PT Pandu Khatulistiwa dan PT HLS, untuk kepentingan reklamasi pantai utara Tangerang dan teluk Jakarta.(gus/a1)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Penulis: 
author

Isi dengan Komentar anda...