Tiga Kacamatan Siaga Darurat Bencana

557 views
image

poto/google

bantenday.com, Lebak- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak menetapkan tiga kecamatan masuk dalam status siaga bencana. Ke tiga kecematan yang masuk dalam status siaga tersebut, antara lain Rangkasbitung, Cibadak dan Kalanganyar. Penetapan status tersebut berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Lebak per tanggal 21 desember 2015 hingga 31 Maret 2016.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak, Kaprawi mengatakan, sejak tanggal 21 desember 2015, status siaga darurat di tiga kecamatan melalui SK Bupati. Ke tiga kecamatan yang masuk dalam status siaga darurat tersebut adalah Rangkasbitung, Cibadak dan Kalanganyar.

Kata dia, dengan diberlakukannya status siaga bencana tersebut, maka pihaknya pun menindaklanjutinya dengan melakukan beberapa langkah. Yaitu, mulai  dari mempersiapkan personil petugas, rapat koordinasi, logistik, termasuk mempersiapkan peralatan kebencanaan seperti  perahu, kendaraan oprasional berikut peralatan dasar lainnya.

“ Kita saat ini dalam keadaan siap siaga. Jika ada bencana maka akan langsung melakukan penanganan dan penanggulangan,” katanya.

Terkait bencana banjir yang kerap terjadi di dalam kota Rangkasbitung. Ia mengatakan, masyarakat yang pemukimannya berada di bibir sungai untuk tetap waspada. Selain itu, pihaknya juga mengajak warga untuk giat melakukan gotong royong di wilayahnya masing-masing untuk menghindari banjir akibat genangan dari selokan air yang tersumbat.

“Sebaiknya warga juga menggerakan kembali gotong royong membersihkan. Sebab, intensitas curah hujan belakangan ini cukup tinggi, khawatir terjadi banjir terjadi akibat dari air yang tergenangan dari selokan yang tersumbat di selokan-selokan,”  tukasnya (NZ/a1)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Penulis: 
author

Isi dengan Komentar anda...