Situs Lebak Sibedug Yang Terlupakan

3611 views
image

Situs Lebak Sibedug

bantenday.com, Lebak Sibedug adalah nama sebuah kampung yang masuk dalam wilayah Desa Citorek Barat, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Kampung ini menjadi terkenal tak dengan adanya keberadaan sisa peninggalan zaman megalitik berupa menhir dan punden berundak yang berada dalam satu kompleks yang kini diisolasi dan dinamai situs Lebak Cibedug.

Situs megalitikum  di Cibedug dapat kita lihat,  terdiri dari sembilan teras dengan susunan batu berbentuk lonjong seperti menhir.

Desa Citorek Kecamatan Cibeber di sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Muncang, sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Bayah, sebelah Barat berbatasan dengan Kecamatan Panggarangan dan di sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Sukabumi.

Lokasi Situs Lebak Sibedug menempati areal seluas 2 Ha terletak di lereng Gunung Pasir Manggu dengan orientasi Situs Timur – Barat yang berbatasan di sebelah Utara dengan Kali Cibedug, di sebelah Timur dengan Gunung Pasir Manggu, di sebelah Selatan dengan Kali Cibedug dan di sebelah Barat dengan Kali Cibedug dan Dusun Cibedug

Namun sayang situs Cibedug yamg memiliki sejarah peradaban masa lalu ini tidak terawat dan dan terkesan dilupakan. jarang dikunjungi wisatawan mengingat lokasinya yang tidak mudah dijangkau dengan kendaraan dan harus berjalan kaki naik turun bukit.

Padahal mememiliki nilai sejarah yang tinggi, sekaligus menjadi potensi wisata yang luar biasa.

Meskipun berada di wilayah Kecamatan Cibeber, namun rute menuju Cibedug ternyata lebih enak ditempuh melalui jalur Pandeglang – Rangkasbitung – Cipanas – Citorek – Cibedug, dibanding menempuh jalur Pandeglang – Bayah – Cibeber – Citorek – Cibedug.

Atau bisa juga situs megalitikum Cibedug ini ditempuh melalui Rangkasbitung menuju Citorek, Kecamatan Bayah, Lebak atau dari Bogor melalui Jasinga, dengan waktu tempuh yang lumayan panjang dan melelahkan dengan berjalan kaki.

Untuk menuju Situs dari Rangkasbitung melalui Kecamatan Cipanas – Ciparasi atau melaui kecamatan Muncang kurang lebih 50 km. Seteleah itu harus berjalan  berjalan kaki sekitar 12 km hingga lokaai situs.

Sementara jaur dari Rangkasbitung –Citorek, harus melalui Cikotok  Warungbanten,  Malingping, Bayah dengan jarak tempuh sekitar 170 km dan berjalan kaki sekitar 12 km.***

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

lebak

Penulis: 
author

Isi dengan Komentar anda...