Sate Bandeng Bisa Dijadikan Produk Unggulan

427 views

image

 

Bantenday.com,SERANG-Sate Bandeng di Kabupaten/Kota Serang bisa dijadikan sebagai produk unggulan. Mengingat sate bandeng tersebut memiliki beberapa kelebihan, antara lain tidak merubah rasa, dan aman untuk dikonsumsi bagi konsumen.

 

Wakil Ketua Komisi II DPRD Provinsi Banten, Ratu Ella N Syatibi mengatakan, berdasarkan hasil survei salah satu lembaga survei, pengrajin sate bandeng saat ini terkonsentrasi di Kota dan Kabupaten Serang masing-masing sebesar 64 persen hingga 36 persen dengan jumlah 14 pengrajin. “71 persen usaha kerajinan sate bandeng ini merupakan mata pencaharian utama bagi pengrajin. Sisanya merupakan usaha sampingan,” kata Ella di Serang belum lama ini.

 

Menurut Ella, 86 persen pengrajin sate bandeng sudah berusia lebih dari 41 tahun dengan lama usaha lebih dari 20 tahun. Para pengrajin sate bandeng mampu menyerap tenaga kerja dalam skala industri rumah tangga, antara satu sampai empat orang setiap pengrajin. “Sate bandeng khas Banten memiliki beberapa keragaman, yakni asal daerah pengrajin, proses pemasakan, rasa, kemasan, dan daya tahan, ” ujarnya.

 

Untuk wilayah Serang Timur memproduksi sate bandeng dangan rasa pedas dan proses pembuatannya mengkombinasikan antara pengukusan dan pemanggangan, sedangkan Wilayah Serang Barat dan Tengah umumnya memproduksi sate bandeng dengan rasa manis dan pemasakannya hanya dengan dipanggang saja. “Penggunaan kemasan tidak terlalu beragam, umunya menggunakan plastik, daun atau kertas minyak dan tidak bertujuan untuk mengawetkan produk dan meningkatkan daya tarik. Karena itu sate bandeng khas Banten bisa dijadikan sebagai produk unggulan,” terangnya.

 

Namun untuk bisa dijadikan sebagai produk unggulan, sambung Ella, para pengrajin sate bandeng perlu dilakukan pembinaan oleh SKPD terkait di lingkungan Pemerintah Provinsi Banten sehingga penyajian dan pengemasan sate bandeng ditingkatkan. “Kami akan berkoordinasi dengan SKPD terkait, mudah-mudahan dengan memaksimalkan produk sate bandeng bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,” harapnya, sambil menutup pembicaraan. (Adventorial)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...