Kurma Indonesia Itu Bernama Sale Basah Bayah

3101 views
image

Sale Basah Bayah

bantenday.com – Manis dan enak, itulah sale pisang basah khas Bayah kabupten Lebak, Banten. Sehingga wajar saja bila pisang sale Bayah ini  dijuluki kurmanya indonesia.  Sebab selain dibuat tanpa bahan pengawet dan pemanis buatan sehingga menyehatkan, manisnya alami dari  manis pisang itu sendiri semanis buah kurma dari Timur Tengah.

Jika anda jalan-jalan untuk wisata di Pantai Sawarna atau sekedar berburu kuliner, jangan pernah lewatkan untuk mencicipi manisnya sale basah Bayah.

Sebagian besar petani di Kecamatan Bayah mengembangkan perkebunan pisang raja siam. Makanya tidak heran penduduk setempat menjadikan jinis pisang tersebut untuk membuat sale basah.

Jika anda mau mencoba dirumah membuat sale sediakan :
Buah pisang dan natrium bisulfit 15 gram/liter air.

Cara pembuatannya :
Teknik basah dengan menggunakan natrium bisulfit. Kupas kulit pisang yang telah tua dan matang lalu kerik sedikit bagian luarnya agar bersih.

Rendam pisang dalam larutan natrium bisulfit (15 gram Natrium bisulfit dalam satu liter air) selama 10 menit. Usahakan seluruh pisang terendam, setelah itu tiriskan.

Letakkan hasil tirisan di atas tampah lalu jemur di atas rak penjemuran yang
beralaskan jerami selama 5-7 hari.
Sambil dijemur sewaktu-waktu pisang dipipihkan (dipres) dengan kayu bundar
atau bambu.

• Bungkus sale pisang yang telah dijemur dengan daun pisang kering. Masukkan ke dalam plastik lalu tutup rapat dengan sealer atau api lilin.

Kini, sale pisang juga dapat dikemas lebih menarik, misalnya dikemas hingga menyerupai buah anggur dan lain lain.

Sale pisang yang dihasilkan hanya mencapai 25 % atau seperempat bagian dari berat pisang utuh (masih ada kulitnya). Jenis pisang yang sering dibuat sale adalah pisang ambon, dan pisang Raja.(dbs/a1)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Penulis: 
author

Isi dengan Komentar anda...