Jelang Hari Buku Sedunia Gubernur Banten Kunjungi TBM Sumlor Milik KPJ

565 views
image

Gubernur Banten, Rano Karno didampingi Sekda Banten, Ranta Soeharta saat memberikan bantuan ratusan buku kepada Ketua KPJ Rangkasbitung Akmad Lugas yang juga pengelola TBM Sumlo

Bantenday.com, SERANG – Jelang  peringatan ‘World Book Day’ atau hari buku sedunia yang jatuh pada tanggal 23 April, Gubernur Banten Rano Karno, berkunjung ke Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Sumlor milik Kelompok Pengamen Jalanan (KPJ) Rangkasbitung di Desa Sampai, Kecamatan Warung Gunung, Rangkasbitung, Kabupaten Lebak.Kunjungan ke TBM tersebut berbarengan dengan kunjungan kerja Gubernur ke UPT Samsat Rangkasbitung.  

“Pekan depan itu, saya ingat betul, adalah Hari Buku Sedunia. Setiap orang berbagi buku, kita semua saling berbagi buku. Pada kesempatan ini saya sudah lama ingin mengunjungi teman-teman di sini (TBM-red). Saya ingin melihat langsung aktivitas yang dilakukan teman-teman KPJ. Alhamdulillah sekarang saya bisa kesini dan berbagi buku.” Kata Gubernur di TBM Sumlor dibawah binaan Akmad Lugas yang juga ketua KPJ Rangkasbitung, Senin (18/04).

Selain itu Gubernur juga menjelaskan bahwa ia juga dahulu pernah ditempa di KPJ Bulungan Jakarta.

“Saya tahu persis semangat teman-teman KPJ. Saya juga pernah main di bengkel teater Rendra. Insyaallah kita seirama,” jelas Gubernur.

Gubernur juga berpesan, melalui buku kita bisa mengenal dunia. “Dan yang  terpenting, melalui buku kita sebagai umat Islam menunaikan perintah Allah untuk membaca.” Ucapnya.

Akmad Lugas Kusnadi selaku Ketua KPJ Rangkasbitung  yang pernah meraih penghargaan dari Mendikbud sebagai  Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Kreatif dan Rekreatif sangat mengapresiasi atas kehadiran Gubernur ke tempatnya karena telah memotivasi dalam gerakan literasi di Provinsi Banten khususnya di Kabupaten Lebak.

“KPJ ini sudah terbentuk sejak 20 tahun yang lalu. Kami kemudian ikut terlibat dalam gerakan literasi dibanten ini karena keterpanggilan. Kami ingin membuat 1000 TBM di Banten. Dengan kehadiran Pak Gubernur,  kami tambah semangat,” ucapnya.

Sementara DC Aryadi selaku Ketua Forum TBM Sumlor mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Banten atas bantuan moril maupun materilnya kepada TBM yang dikelolanya, ia pun mengajak kepada perusahaan-perusahaan untuk ikut terlibat dalam pengembangan dunia literasi.

“Kemarin waktu acara Gerakan Indonesia Membaca, Bank BJB ikut bantu donasi buku sejumlah 1000 eksemplar. Semoga perusahaan lain ikut membantu gerakan ini” ucapnya.(dhe/a3)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Penulis: 
author

Isi dengan Komentar anda...