Gubernur Kunjungi Industri Mainan Terbesar Di Banten

5437 views
image

Gubernur Banten Rano Karno, saat memberikan sambutan dalam kunjungannya ke PT Lung Cheong Brothers Indonesia.

bantenday.com, Serang – Gubernur Banten Rano melakukan peninjauan lapangan bersama Badan Koordinasi Penanaman Modan dan Pelayanan Terpadu (BKPMPT) Provinsi Banten, ke industri mainan terbesar di Indonesia PT. Lung Cheong Brothers di  Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang, yang telah berkiprah di Provinsi Banten sejak tahun 1993 dan telah menyerap tenaga kerja sejumlah kurang lebih 4.000 orang.

 “PT. Lung Cheong Brothers merupakan sebuah contoh dunia industri yang memiliki komitmen tinggi dalam menjaga agar tidak terjadi “capital flight” (pindah-red) ke negara lain. Pemerintah daerah senantiasa terus berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi para investor,” kata Gubernur saat melakukan kunjungannya ke PT Lung Cheong Brothers di Serang, Jum’at (18/03).

Gubernur meyakini, investasi yang dilakukan oleh sektor swasta akan sangat berperan dalam menggerakkan roda perekonomian dan penyerapan tenaga kerja. Peran dunia industri dalam pembangunan sebenarnya sangat besar, selain pada perspektif penyerapan tenaga kerja, industri juga sangat berpengaruh terhadap laju pertumbuhan ekonomi dan lebih jauh lagi pada indeks pembangunan manusia dari sisi daya beli masyarakat.

“Kepada pihak Lung Cheong Brother saya pun berpesan agar dapat memainkan perannya sebagai sebuah industry yang selain ramah lingkungan juga ramah secara sosial kepada masyarakat, prioritaskan orientasi sosial disamping orientasi bisnis agar perkembangan industri dapat sekaligus mengembangkan kesejahteraan sosial masyarakat,” ujarnya.

Provinsi Banten, lanjut Gubernur sejatinya adalah tulang punggung industry nasional. Berbagai industry strategis berskala mega proyek memilih banten sebagai lokasi kegiatan. PT Asahimas, PT. Cemindo Gemilang, PT Chandra Asri dan perusahan lainnya telah berinvestasi dalam jumlah besar di Banten.

“Hari ini kita pun sama-sama menyaksikan dan meninjau secara langsung industri mainan terbesar di Indonesia. Sekali lagi saya yakini bahwa investasi yang dilakukan oleh swasta peranannya sangat besar dalam perekonomian,” katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (BKPMPT) Provinsi Banten Babar Suharso mengatakan, PT. Lung Cheong Brothers termasuk dalam industri padat karya yang dinilai berkontribusi terhadap penyerapan tenaga kerja di Banten. Lantaran termasuk dalam kategori Penanaman Modal Asing (PMA), keperluan proses perizinan PT. Lung Cheong Brothers dilakukan langsung ke BKPM RI. 

            “Tahun ini, BKPMPT Banten hanya mengeluarkan dua regulasi yakni perizinan IMB dan lingkungan,” katanya.

Drektur  PT. Lung Cheong  Brothers Indonesia Iskandar Surya menegaskan, ProvinsiBanten merupakan sebuah provinsi yang sangat potensial dalam pengembangan industri. Pihaknya menunggu langkah-langkah positif pemerintah agar tidak hanya giat dalam mencari investor tapi giat dan sungguh-sungguh pula dalam memelihara investasi yang telah ada sehingga tidak terjadi “capital flight”.

Menurutnya, dunia industri sesungguhnya sangat mungkin untuk berkontribusi secara signifikan dalam pembangunan daerah, namun memang mungkin perlu pembinaan yang lebih intensif terhadap hubungan industri yang berpihak pada peningkatan perannya dalam pembangunan dan partisipasi sosial yang signifikan terhadap masyarakat. Surya menilai, kunjungan Pemprov Banten ke PT. Lung Cheong Brothers Indonesia merupakan bentuk dukungan dan perhatian pemerintah terhadap industri PMA di Banten.

“Selama 23 tahun berdiri, ini kali pertama kami dikunjungi gubernur,” katanya.(dhe/a1)

 

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Penulis: 
author

Isi dengan Komentar anda...