Balita Penderita Hydrocephalus Itu Hanya Berbaring Lesu

517 views
image

Nampak kondisi Randu Wasa (4 bulan) usai dilakukan operasi di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo belum lama ini.

Bantenday.com,- Randu Wasa (4 bulan) putra dari pasangan Saripudin (37) dan Umiyati(28), warga Kampung Citapen, Desa Ciuyah, Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak, Banten itu kini hanya bisa berbaring lesu, karena ssejak lahir mengalami penyakit gangguan aliran cairan dalam otak (Hydrocephalus). Pihak keluarganya mengaku belum pernah memeriksakan kesehatannya di RSUD Adjidarmo Rangkasbitung lantaran  pihak medis setmpat beralasan, Randu bisa dirawat setelah menunggu berat badan ideal dan usia yang cukup.

” Kata orang RSUD Adjidarmo, bahwa bayi ini harus menunggu berat badan 6 kilogram dan usia 6 bulan. Anak saya kan lahir di RSUD tersebut, ya pihak rumah salit menyarankan seperti itu sehingga saya menunggu. Karena melihat kepala anak saya semakin membesar, makanya saya panik sehingga dibawa ke RSUD Drajat di Serang,” ucapnya saat ditemui wartawan dikediamannya, Jum’at (16/04/2016).

Namun, kata Saripudin, bukan penanganan yang diberikan oleh pihak rumah sakit, malah dirinya disarankan untuk menunggu karena dokter yang menangani penyakit tersebut sedang tidak ada.

“Ketika di RSUD Drajat, saya disarankan menunggu keesokan harinya karena dokter yang menangani sedang tidak ada. Sehingga terpaksa saya pulang dan meminta rujukan ke RSUD Adjidarmo, untuk dirujuk ke Rumah Sakit Cipto Jakarta,” terangnya.

Menurutnya, sesampainya di RS Cipto langsung diberikan penanganan dan perawatan selama 44 hari.

“Bahkan dokter yang menangani anak saya itu menyayangkan, seharusnya penanganan penyakit tersebut dilakukan sejak dini tidak harus menunggu berat badan dan usia yang ideal,” ungkapnya.

Untuk saat ini kata ia, karena terbentur biaya kebutuhan sehari-hari, terpaksa perawatannya dilakukan di rumah.

“Karena tidak ada biaya untuk sehari-hari, terpaksa kami merawatnya dirumah,” pungkasnya.(dee/a3)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Penulis: 
author

Isi dengan Komentar anda...