Aiih ! Jembatan Gantung Di Lebak Baru Diresmikan Sudah Rusak

1209 views
image

Jembatan Gantung Bojong Apus

bantenday.com, Lebak – Kondisi jembatan gantung Bojong Apus, Kecamatan Kalanganyar Kabupaten Lebak, Banten sudah mengalami kerusakan pada sejumlah kontruksi badan jembatan.

Padahal, pembangunan jembatan yang didanai dari APBN tahun 2016 sebesar Rp 45.6 miliar tersebut baru diresmikan oleh Kementrian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani bertepatan dengan 9 jembatan gantung lainnya.

Saefudin (50) warga setempat mengatakan beberapa bagian kontruksi badan jembatan saat ini sudah mulai mengalami kerusakan. Kerusakan yang terlihat, antara lain pada bagian dinding tebing, pondasi dan juga badan jembatan yang hampir sebagian besar mengalami keretakan dan bahkan pada bagian kontruksi badan jembatan mulai ambles.

“Dinding jembatan sudah banyak yang retak-retak, termasuk bagian kanan kiri pondasi jembatan juga mulai renggang akibat ambles,” ujarnya.

Kata dia, penyebab kerusakan jembatan bisa jadi akibat kontur tanah yang labil dan juga proses pengerjaan yang tak maksimal. Rusaknya kondisi jembatan patut menjadi pertanyaan, terebih usia pembangunan jembatan tersebut terbilang baru dan belum lama ini diresmikan oleh Menko PMK beserta jajaran di pemerintah daerah setempat.

“Jembatan ini kan baru diresmikan bersamaan dengan 10 jembatan gantung lainnya. Lah kok sudah rusak ya?,” katanya.

Pernyataan setupabdisampaikan warga lainnya, Sunjana. Ia mengaku, sangat menyayangkan rusaknya jembatan gantung yang baru selesai dibangun sebulan yang lalu tersebut. Kerusakan tersebut terjadi akibat tanah yang menjadi penyangga pondasi jembatan labil, di tambah bangunan bahu kiri kanan jalan pada jembatan gantung tidak dipasangi paku bumi atau cakar ayam, sehingga pondasi tidak punya kekuatan untuk menahan beban jembatan.

“Warga berrharap pihak terkait segera memperbaiki kondisi tersebut. Sebab, jika dibiarkan khawatir kondisi kerusakan jembatan semakin parah. Terlebih, jembatan ini merupakan akses transportasi penting. ” tukasnya. (NZ/ A1)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...