Ada Kesenjangan Dalam Faskes, Dinkes Banten Harusnya Proaktif

536 views

image

Gubernur Banten, Rano Karno/ist

Bantenday.com, Tangerang – Gubernur Banten Rano Karno mengakui  ketersediaan sarana pelayanan kesehatan di Banten hingga saat ini masih ada kesenjangan. Belum meratanya sarana kebutuhan dasar itu kata Rano dapat tercermin dari jumlah rumah sakit di tiap kabupaten/kota, yang kuantitasnya berbeda jauh, dimana di wilayah Tangerang jauh lebih banyak dibanding Kabupaten/ Kota lainnya.

“Ini terlihat dari persentase keberadaan rumah sakit yang ada di wilayah Tangerang sebesar 79 persen, sementara 21 persen sisanya ada di Kabupaten Kota lainnya.” ungkap Rano, saat memberikan sambutan dalam kegiatan rapat Kerja Kesehatan Daerah Tingkat Provinsi Banten yang bertempat Arya Duta Hotel, Rabu 13 April 2016.

Untuk mengejar ketimpangan tersebut Rano mengintruksikan Kepala Dinas kesehatan Provinsi Banten untuk selalu proaktif dan menjaga komunikasi dengan Dinas kesehatan Kabupaten/ Kota dan steakholder terkait untuk menyusun berbagai perencanaan terkait peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

“Manfaatkan Rakerkesda ini sebagai forum komunikasi, informasi dan koordinasi diantara seluruh steakholder bidang kesehatan.” katanya.

Dijelaskan Rano  bahwa kesehatan merupakan urusan wajib yang harus diperhatikan setiap pemerintah daerah, diantaranya dengan menyediakan fasilitas kesehatan (faskes), fasilitas sosial dan fasilitas umum yang layak, serta mengembangkan sistem jaminan sosial.

“Saat ini tuntutan yang tinggi terhadap mutu pelayanan kesehatan mengharuskan jajaran kesehatan dapat memberikan pelayanan yang profesional, efektif, efisien dan bermutu.” pintanya.(ase/a1)

 

 

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...