13 Peserta UN Dilarang Mengikuti Ujian Karena Hamil

527 views
image

Para peserta UN kesetaraan Paket C pada PKBM Hati Nurani, nampak serius mengerjakan soal yang diujikan

Bantenday.com, Lebak – Pada hari ke tiga pelaksanaan Ujian Negara (UN) kesetaraan Paket C pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Hati Nurani Kampung Leuweung Lojor, Desa Pasir Kupa, Kecamatan Kalanganyar, Kabupaten Lebak yang diselenggarakan di SMPN1 Kalanganyar. Belasan peserta tidak bisa mengikuti ujian dengan alasan hamil.

Udin, Ketua Penyelenggara UN Kesetaraan menjelaskan, peserta yang mengikuti UN seluruhnya ada sekitar 220 orang. Namun yang hadir pada pelaksanaan UN hari ketiga hanya ada 173 orang.

 “Yang tidak bisa mengikuti ujian semuanya ada 47 orang, dengan beragam alasan karena pesertanya sendiri dari berbagai profesi. Ada yang sebagai pembantu rumah tangga, pekerja pabrik dan ibu rumah tangga,” jelas Udin pada bantenday.com di Kalanganyar, Rabu (06/04/2016).

Menurutnya, dalam hal ini pihaknya juga memahami dengan semua alasan yang diberikan, karena walaupun para peserta pada dasarnya ingin mengikuti ujian namun ada dampak yang diberikan ketika keinginan tersebut dipakasakan.

 “Seperti peserta yang berprofesi sebagai pembantu rumah tangga, mereka tidak diijinkan oleh majikannya karena pelaksanaan ujiannya terlalu lama. Sehingga banyak pekerjaan yang ditinggalkan,” terangnya.

Dari 47 peserta yang tidak bisa mengikuti ujian itu sendiri kata Ia, 13 orang diantaranya dalam keadaan hamil. Sehingga, dengan alasan kesehatan pihak suami tidak memberikan ijin untuk mengikuti UN.

“Mungkin suaminya khawatir dengan keselamatan janin yang dikandungnya, sehingga tidak memberikan ijin untuk mengikuti UN,” ungkapnya.(dee/a3)

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...