Waspadai Money Politik, PKMC Desak Pilkades di Lebak Diawasi Ketat

694 views

Mahasiswa Kecamatan Cikulur Kabupaten Lebak, lakukan aksi unjuk rasa. Mereka mengharapkan terciptanya Pilkades yang bersih dan bebas dari politik uang. (bantenday.com/A. Saeful Wahyudi)

LEBAK, BANTENDAY.com – Mahasiswa mendesak oknum yang melanggar ketentuan dalam pelaksanaan Pilkades serempak di Kabupaten Lebak ditindak tegas, sesuai dengan aturan hukum yang berlaku. 

“Sosialisasi tentang Pilkades yang bersih dari politik uang harus terus disampaikan kepada masyarakat. Camat dan panitia harus independen dan tidak memihak ke salah satu calon,” kata kordinator aksi, Nastolih Judin.

Desakan itu dilakukan melaui unjuk rasa Pergerakan Mahasiswa Kecamatan Cikulur (PKMC) . Hal itu dilakukan untuk menciptakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada September 2016 yang bebas dari politik uang. Hal tersebut disampaikan mahasiswa saat berunjuk rasa, di depan kantor Kecamatan Cikulur, Kabupaten Lebak, Jum’at 26 Agustus 2016.

“Panitia penyelenggara dan pembina wajib menciptakan Pilkades yang sehat dan bersih. Pilkades adalah cerminan demokrasi yang harus menjadi acuan penyelenggaraan sistem demokrasi ideal, katanya. 

Menurutnya, penyelenggaraan Pilkades di 11 desa di Kecamatan Cikulur pada tahun 2016 banyak ditemukan indikasi kecurangan maupun pelanggaran.

“Dari berbagai indikasi tersebut, ini menjadi bukti bahwa kurangnya pengawasan dari pihak terkait yang bertanggung jawab menciptakan demokrasi yang harmonis dalam pelaksanaan Pilkades tersebut,” jelasnya.(A.Saeful Wahyudi/A1)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...