Warga Desa Curug Panjang Khawatir Rumahnya Longsor Pasca Pengerukan Perbaikan Jalan

8288 views


Pemukiman warga desa curugpanjang yang terancam longsor/net

LEBAK,BANTENDAY.comKarena tidak dilakukan penurapan pasca perbaikan jalan Sampay-Cileles oleh Dinas Bina Marga (DBM) Kabupaten Lebak, sejumlah pemilik rumah di Kampung Tajur, Desa Curug Panjang, Kecamatan Cikulur, Kabupaten Lebak, merasa khawatir karena setelah dilakukan pengerukan letak rumah yang tadinya tidak begitu tinggi kini posisi rumah letaknya  menjadi diatas tebing setinggi 3 meter sehingga khawatir terjadi longsor.

            Nunung( 50) Salah seorang pemilik rumah warga Kampung Tajur, Desa Curug Panjang mengatakan, dirinya merasa khawatir apabila turun hujan terjadi longsor karena setelah dilakukan pengerukan tidak dilakukan pemasangan turap.

            “Belum lama ini dinding tebing pernah longsor, itupun longsor yang kedua kalinya
karena sebelumnya pun terjadi hal yang sama,” kata Nunung kepada wartawan, Jum’at (21/10/2016).

            Menurut Nunung, untuk keselamatan warga pihaknya berharap pemerintah harus mengantisipasi terjadinya longsor susulan dengan melakukan penurapan mengingat saat ini sudah memasuki musim penghujan.

            “ Pada intinya pemerintah harus memikirkan keselamatan warga, terserah teknisnya seperti apa yang penting bagaimana caranya agar rumah kami yang saat ini ada diatas tebing setinggi 3 meter tidak terjadi longsor. Sudah tidak diberikan ganti rugi atas lahan yang terpakai, malah mengabaikan pula keselamatan warga,”terangnya.

             Sementara warga lainnya Endin, menyayangkan proyek yang anggarannya miliaran tersebut untuk penurapan tidak masuk dala perencanaan.

            “ Seharusnya kan itu masuk dalam perencanaan, tapi ini faktanya tidak ada sehingga banyak warga yang merasa dirugikan dengan pembangunan jalan tersebut,” ucapnya.

Camat Cikulur, Habib Abdilah membenarkan, bahwa lokasi tersebut mengalami longsor dan pihaknya sudah mengusulkan agar dinding tanah bekas pengerukan tersebut agar segera dilakukan penurapan agar tidak mengalami longsor kembali. 

“ Kita sudah melakukan kordinasi dan sudah mengusulkan agar dinding tersebut dipasang turap, informasinya dalam waktu dekat akan segera dibuatkan turap menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APDB) perubahan 2016,” ujarnya. (ESA/A3)

 


Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...