Warga Banjarsari Keluhkan Pungli KIS

640 views
image

Ilustrasi KIS/ ist

bantenday.com, Lebak – Warga Desa Cisampih, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, mengeluhkan pungutan liar (Pungli) oleh Kepala Desa setempat melalui ketua RT terhadap Kartu Indonesia Sehat (KIS) sebesar Rp15 ribu perkartu KIS.

      Berdasarkan informasi yang  dihimpun, sekitar Januari 2016, ratusan keluarga di Desa Cisampih mendapatkan kartu KIS yang merupakan kartu sakti yang berguna untuk berobat bagi warga miskin. Namun sayang dalam perjalanannya program tersebut telah dimanfaatkan dengan melakukan Pungli terhadap warga penerima KIS yang diduga dilaukan oknum kepala desa setempat.

    “Saya heran ko saya harus menebus kartu KIS sebesar Rp 15 ribu perkartunya, sedangkan jumlah keluarga saya ada enam jadi saya harus membayar Rp90 ribu untuk enam kartu, terpaksa saya harus mencari pinjaman untuk menebusnya,” kata warga Cisampih yang tidak mau disebutkan namanya kepada wartawan, kemarin.

      Dikatakannya, pungutan terhadap kartu KIS tersebut dilakukan masing-masing RT atas instruksi kepala desa (Kades) Cisampih, mereka berdalih pungutan tersebut akan digunakan untuk akomodasi atau mobilisasi desa jika ada warga pemilik kartu KIS sakit dan harus dirujuk ke RS yang jaraknya cukup jauh.

    “Tapi kami menilai itu hanya alibi saja, karena pihak desa mengaku sudah atas persetujuan warga, padahal warga sama sekali tidak tahu dan belum pernah dilakukan musyawarah,” ujarnya.

     Camat Banjarsari Abdul Rohim saat dihubungi wartawan melalui telepon mengatakan, pihaknya tidak setuju jika itu disebut pungutan, karena itu sifatnya partisipasi untuk menunjang akomodasi atau kenderaan desa jika ada warga yang sakit dan perlu dirujuk ke RS dan itu informasinya sudah melalui musyawarah dengan warga. Namun saat ditanya apakah ada berita acara musyawarahnya, pihaknya mengaku tidak mengetahuinya.

    “Saya rasa itu bukan pungli tapi sifatnya partisipasi saja, tapi informasinya memang hasil musyawarah. Tapi, kami apakah ada berita acaranya saya tidak tahu,” terangnya.(ase/a1)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Penulis: 
author

Isi dengan Komentar anda...