Walikota Airin Raih Penghargaan Kepala Daerah Inovatif

598 views

Airin Rachmi Diani Saat Menerima Penghargaan dari Kemendagri Cahyo Kumolo

TANGSEL,  BANTENDAY.com – Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany Raih Penghargaan Kepala Daerah Inovatif. 

Kebijakan -kebijakan atau diskresi yang dilakukan oleh kepala daerah, kerap berujung pada perkara pidana, hal inilah yang akhirnya menimbulkan ketakutan pada sebagian kepala daerah dan mengakibatkan kurangnya inovasi-inovasi baru yang dilakukan oleh kepala daerah dan minimnya penyerapan anggaran.
 

Meski demikian, hal tesebut tidak menjadi hambatan bagi Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany untuk terus melakukan berbagai inovasi guna memajukan daerah yang dipimpinnya. 
Akhirnya kerja kerasnya membuahkan hasil, Airin mendapatkan Penghargaan Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2017 berkat inovasi-inovasi yang diterapkan pada daerahnya.
 
“Tentunya kami berterima kasih atas penghargaan ini dan menjadi motivasi bagi kita untuk terus memberikan pelayanan lebih baik lagi. Bagaimana kita meningkatkan inovasi, menggunakan teknologi untuk meningkatkan pelayanan publik bagi masyarakat,” ujar Airin usai menerima penghargaan yang diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, di Hotel Westin Jakarta, Selasa Malam, (1/8/2017).

Airin dinilai inovatif berkat melakukan optimalisasi pelayanan masyarakat dengan meluncurkan aplikasi Sistem Pelaporan dan Penugasan Tangerang Selatan yang disebut (Siaran Tangsel).
Aplikasi pengaduan resmi secara online ini mampu mengakomodasi berbagai keluhan masyarakat mulai dari masalah banjir, pedagang kaki lima, hingga jalan rusak. Aplikasi berbasis Android ini pun rupanya bisa mudah didapatkan dengan mengunduh melalui Google Play Store.
 
Menurut Airin, melalui  Siaran Tangsel Pemkot Tangsel mampu untuk mendapatkan informasi  tangan pertama dan untuk selanjutnya laporan maupun masukan yang diterima akan segera ditindaklanjuti oleh SKPD-SKPD terkait. 
Aplikasi ini pun memiliki dua manfaat, yakni memangkas waktu, artinya mekanisme pelaporan dan penugasan menjadi lebih singkat, dan memangkas jarak, artinya masyarakat memiliki akses langsung untuk berinteraksi dengan pihak Pemerintah Kota, tanpa harus melakukan mobilisasi secara fisik.
 
“Dari aplikasi tersebut, saya pun bisa melihat sudah sejauh mana tindaklanjut laporan dari masyarakat. Jadi, memudahkan saya melakukan monitoring,” kata Airin.
 
Ditambahkannya, dengan diraihnya penghargaan ini, tentunya memotivasi dirinya untuk bekerja lebih giat lagi memajukan daerah yang dipimpinnya dan memberikan pelayanan yang lebih baik lagi, dengan meningkatkan inovasi dan menggunakan teknologi untuk meningkatkan pelayanan publik bagi masyarakat, sehingga sesuai visi misi Tangsel 2016-2021, maka daerah pemekaran Kabupaten Tangerang itu harus menjadi kota cerdas, berkualitas berbasis teknologi informasi.
 

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, menyebutkan bahwa inovasi yang dilakukan oleh kepala daerah merupakan salah satu kunci suksesnya pembangunan di daerah. Tanpa adanya inovasi di daerah, pembangunan hanya akan berjalan di tempat.
 
“Dengan inovasi maka kepala daerah juga mampu menggerakkan dan mengorganisir masyarakatnya. Di sisi lain inovasi akan membuat penyerapan anggaran di daerah tidak saja untuk pos-pos rutin semata, sehingga fokus dalam hal inovasi saya kira sangat penting. Jangan sampai penyerapan anggarannya bagus hanya untuk program rutin dan tidak ada inovasi. Nantinya manfaatnya anggaran tidak akan dirasakan oleh masyarakat,” jelasnya.(Sgng/Pur)

  • Penulis :   Sugeng
  • Editor   :   Lukmanul Hakim
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...