Transaksi di Pameran HUT Koperasi di Lebak Capai Rp 3,8 M

14811 views

Kepala Dinas Koperasi Lebak, Babay Imroni/ ist

RANGKASBITUNG,BANTENDAY.com- Transaksi penjualan berbagai produk usaha kecil menengah (UKM) serta Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang diperdagangkan di pameran hari ulang tahun Koperasi tingkat Kabupaten Lebak yang ke 69 ternyata menembus angka Rp 3,8 Milyar. Angka tersebut diperolah para pelaku UKM setelah sepekan mengikuti pameran yang di gelar di tempat wisata Balong Ranca Lentah, yang berlangsung dari tanggal 1 sampai dengan 8 Oktober.

            Dijelaskan Babay Imroni, Kepala Dinas Koperasi Kabupaten Lebak, rincian perputaran uang di pameran tersebut merupakan hasil dari pada pelaku UKM dan UMKM asal Kabupaten Lebak yang berkisar Rp 640 juta. Serta para pelaku UKM dan UMKM yang berasal dari daerah lainnya di Banten yang mengikuti pameran dengan raihan total transaksi senilai Rp 3,2 milyar.

            “Dari Rp 3,8 Milyar tersebut rinciannya adalah Rp 640 juta dari pelaku UKM dan UMKM asal Kabupaten Lebak. Sedangkan Rp 3,2 Milyar berasal dari pelaku UKM dan UMKM daerah tetangga semisal Pandeglang, Serang dan Tangerang yang ikut berpartisipasi mengikuti pameran dalam rangka HUT Koperasi ke 69 tingkat Kabupaten Lebak,”kata Babay, ketika di konfirmasi wartawan seusai menghadiri penutupan acara pameran. Sabtu malam(8/10).

            Dikatakan Babay, nilai perputaran uang di pameran HUT Koperasi tersebut mencerminkan tingginya animo para pelaku UKM dan UMKM serta antusias masyarakat Lebak terhadap hasil ataupun produk produk dari tangan tangan para pelaku UKM asal Banten terutama Kabupaten  Lebak. Dengan begitu kini, para pelaku UKM tidak usaha khawatir untuk lebih menekuni bidangnya lagi, mengingat masyarakat kini menaruh respon yang positif terhadap produk para pengusaha UKM.

            Masih kata Babay, tinginya minat masyarakat Lebak terhadap produk UKM dan UMKM  juga tercermin dari membludaknya jumlah pengunjung yang mendatangi pameran. Karena berdasarkan data, hampir setiap hari pengunjung yang datang berkisar antara tiga ribu sampai empat ribu orang.

            “Jumlah pengunjung yang mendatangi pameran juga sangat banyak, setiap harinya bisa mencapai tiga sampai empat ribu orang. Sampai malam penutupan, kami mengestimasikan pengunjung yang datang dari hari pertama sampai terakhir sekitar sembilan belas ribu orang,”kata Babay lagi.

            Sementara H Aden Sunandar, ketua Koperasi Putra Lebak mengaku senang dengan capaian yang diraih para pelaku UKM dan UMKM pada  saat pameran HUT Koperasi tingkat Kabupaten Lebak yang ke 69 ini. Karena menurutnya, raihan  transaksi penjualan maupun jumlah pengunjung merupakan salah satu bukti jika usaha di bidang UKM dan UMKM masih menjadi primadona bagi masyarakat Lebak. Kedepan H Aden berharap agar para pelaku UKM dan UMKM dapat meningkatkan lagi produktifitasnya.

            “Saya rasa berhasil penyelenggaraanya mulai dari kualitas sampai dengan kuantitas para pelaku UKM dan para pengunjungnya,” kata H Aden. ( ase/a1)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...