Tidak Layak Pakai Dua Bus AKAP Terminal Madala

6890 views
image

Petugas dari Dishub Lebak, saat melakukan uji kelayakan terhadap bus AKAP.

LEBAK, BANTENDAY.com –

Guna memastikan kendaraan yang akan digunakan untuk mengangkut penumpang saat mudik lebaran laik jalan, Dinas Perhubungan (Dishub) bersama Kepolisian Resort (Polres) Lebak, melakukan uji kelayakan terhadap Angkutan Umum (Angkum) di Terminal Mandala, Rangkasbitung.

Dalam melakukan uji kelayakan tersebut, petugas mengecek secara detail bagian kendaraan mulai dari bagian luar, seperti lampu sein, lampu jauh, klakson, kondisi fisik hingga nomor rangka kendaraan.

Kasie Pengujian Kendaraan Bermotor Dishub Lebak, Ajis Ali Rosyad mengatakan, dari enam kendaraan yang diuji, hampir seluruhnya tidak layak pakai. Mulai dari kendaraan fisik yang tidak memadai, hingga kelengkapan administrasi dengan keadaan bukti fisik yang tidak sesuai.

“Sesuai dengan instruksi Menteri Perhubungan dan Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009, kendaraan yang terbukti tidak layak pakai akan diamankan dan dilarang untuk beroperasi,” terang Ajis, kepada wartawan Senin (27/6/2016).

Sementara Kaur Bin Ops Lantas Polres Lebak, Iptu E Kusroin mengatakan, dua bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang telah diuji kelayakan oleh petugas, ditahan lantaran terbukti tidak layak pakai.

Dua bus tersebut yakni Sinar Jaya jurusan Bekasi-Rangkasbitung dan Bulan Jaya jurusan Rangkasbitung-Kalideres.

“Kita amankan di polres, karena saat diuji kelengkapan kendaraan dengan keadaan bukti fisik tidak sesuai, dan tidak mampu menunjukan surat-surat kelengkapan kendaraan,” jelasnya.(Dede/A3)

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

AKAP Dua Bus Layak Madala Pakai Terminal Tidak

Penulis: 
author

Isi dengan Komentar anda...