Tangkap Aktivis HMI, Mahasiswa di Lebak Kecam Polisi 

7248 views

Ilustrasi/net

LEBAK,BANTENDAY.com- Mahasiswa Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Lebak mengelar aksi unjukrasa di halaman kantor Polres Lebak, Rabu (9/11/2016). Aksi solidaritas tersebut sebagai bentuk  protes ditangkapnya Sekjen PB HMI, Amijaya oleh Polda Metro Jaya yang proses penangkapannya dinilai berlebihan dan tak beralasan.

“Penangkapan Sekjen PB HMI, Amijaya oleh Polda Metro sangat tidak beralasan. Kami sangat kecewa dengan keputusan itu, apalagi polisi saat melakukan penangkapan tidak bisa menunjukan surat izin penangkapannya,” kata Koordinator aksi, Erik Rianto dalam orasinya.


Menurutnya, dalam kasus ini, HMI telah dikambing-hitamkan dalam aksi damai 4 November 2016. Sebab, aksi tersebut sesungguhnya merupakan hak konstitusional selaku warga negara yang berhak menyampaikan pendapat atas lambatnya proses penegakan hukum di Indonesia terutama soal penistaan agama yang dilakukan Basuki Tjahja Purnama alias Ahok. Oleh karena itu, sangat tidak fair jika aktivis atau kader HMI malah ditangkap dengan tuduhan yang dinilai tidak mendasar.


“Selang beberapa hari kader HMI ditangkap dengan dalih provokasi aksi 4 November. Sayangnya, penangkapan tersebut dinilai tidak jelas karena tidak ada izin penangkapan. Parahnya, sejak ditangkap rekan-rekan HMI tidak mengetahui kondisi saudara Amijaya,” ujarnya.


Mahasiswa mendesak, proses hukum yang terjadi pada kasus penistaan agama terhadap Ahok bisa dilakukan secara transparan dan jelas. Selain itu, aparat hukum juga jangan sampai menjadikan HMI sebagai kambing hitam dlam peristiwa aksi unjukrasa 4 November lalu.


“Tangkap siapa dalang di belakang semua ini. Tuntaskan janji Polri terhadap proses kasus penistaan agama,” katanya.(bam/A2)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...