Tahun Ini Penetapan Awal Puasa 1 Ramadhan Diprediksi Serentak

1944 views

image

BANTENDAY.com – Dalam penentuan awal puasa 1 Ramadhan dan Lebaran tahun 2016 diperkirakan akan berlangsung secara serentak. Alasanya  penghitungan awal bulan 1 Ramadan yang dilakukan  sejumlah organisasi masyarakat Islam merujuk pada hasil yang sama, yakni tanggal 6 Juni 2016.

“Tahun ini bulan bersahabat, untuk Ramadhan dan Syawal kita diprediksi akan bersamaan,” kata Ketua Badan Hisab dan Rukyat Cimahi Tubagus Hadi Sutiksna di kampus Unisba Bandung, Selasa (31/5/2016).

Melalui berbagai metode penghitungan termasuk hisab (perhitungan) dan rukyat (pengamatan), menurut Hadi hasilnya sama-sama menetapkan awal 1 Ramadan di tanggal 6 Juni 2016.

” Untuk penghitungan dengan metode rukyat tidaklah identik dengan melihat secara langsung, namun bisa dengan hitungan. Tidak terlihatnya wujud hilal dapat disebabkan karena bentuk bumi yang bulat,” paparnya.

Dijelaskannya, melihat hilal tidak hanya bisa dengan mata telanjang, tapi bisa dengan hitungan. Berapa tinggi derajat hilal di atas ufuk menurut hitungan. Akan tetapi bisa secara astronomi, wujudnya belum ada, belum terlihat. Salah satunya karena bumi yang melengkung tidak lurus.

Selain itu, saat ini derajat untuk mengukur hilal juga sudah diturunkan, dari empat derajat menjadi dua derajat.

“Kriteria ahli rukyat sudah lebih rendah, minimal dua derajat. Pemerintah sebagai penengah menentukan imkanu rukyat, feasibility hilal berpeluang dapat dilihat. Pemerintah membuat sebesar dua derajat. Jika tanggal 5 (Juni) hilal lebih besar dua derajat, maka tanggal 6-nya puasa,” ujarnya (31/5/2016).

Meskipun diprediksi tahun ini awal puasa 1 Ramadhan 1437 Hijriah dan Lebaran 2016 akan digelar serentak, namun dirinya tidak menutup kemungkinan terjadinya perbedaan awal Ramadan dan Syawal karena perbedaan penetapan derajat untuk mengukur hilal.

Ia berpendapat, bagi sejumlah ormas Islam yang menentukan hilal empat derajat kemungkinan besar akan memulai puasa pada hari Selasa, 7 Juni 2016.

Namun, seperti tahun-tahun sebelumnya, Ia meminta agar perbedaan terkait penetapan awal puasa Ramadan dan Lebaran tersebut tidak dipersoalkan. Apalagi pemerintah juga tidak mempersoalkan perbedaan tersebut.(HT)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Awal Diprediksi Ini Penetapan Puasa 1 Ramadhan Serentak Tahun

Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...