Soal Identitas Agama Dalam KTP Warga Suku Baduy, Rano : Itu Bukan Kewenangan Saya

3066 views
image

Ribuan warga Suku Baduy saat melakukan acara ritual seba di pendopo Gubernur Banten ( poto Dedi/ bantenday.com)

SERANG, BANTENDAY.com – Gubernur Banten Rano Karno menyatakan tidak mempunyai kewenangan untuk mengabulkan permintaan warga suku Baduy yang menginginkan dicantumkannya kepercayaan mereka dalam kartu tanda penduduk (KTP).

Menurut Rano, permintaan warga suku yang mengasingkan diri dilereng gunung Kendeung pedalaman Kabupaten Lebak itu, sebenarnya dulu sempat menjadi wacana bisa tidaknya kepercayaan mereka dicantumkan dikolom agama dalam kartu identitas.

Namun hingga saat ini permintan warga suku Baduy itu masih sebatas wacana. Kini kata Rano warga yang memegang teguh adat istiadat leluhurnya dan menolak arus modernisasi itu kembali menginginkan agar kepercayaan mereka dicantumkan dalam KTP.

” Masalah KTP sudah lama dulu pernah terjadi, bahwa ada yang bilang bahwa  Sunda Wiwitan telah masuk dalam salah satu agama yang ada,” ungkap Gubernur Banten Rano Karno, usai menerima upacara Seba Baduy di  Pendopo Gubernur Banten, di Kawasan alun-alun Kota Serang,”Sabtu 14 Mei 2016

Rano mengaku tidak bisa mengabulkan permintaan warga Baduy mengenai identitas kepercayaannya dicantumkan dalam KTP.  Namun Rano berjanji akan menyampaikan aspirasi warga Baduy itu kepada pemerintah pusat.

“Nah ini sekarang mereka meminta lagi,  ini tentunya bukan kewenangan saya tapi ini kebijakan nasional, akan kami beritahukan kepada pemerintahan pusat,” tukasnya. (Dey/a2)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

: Kami Agama Baduy Bukan Dalam Identitas Kewenangan KTP Warga Suku Rano : Itu Soal

Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...