Siswa Asal Baduy Target Juara Bulu Tangkis O2SN

3388 views
image

Kepala UPT Pendidikan Kecamatan Sobang, kabupaten Lebak, Marja, saat poto bersama dengan atlet bulutangkis asal suku Baduy

bantenday.com, Lebak – Walaupun berasal dari pedalaman suku Baduy, yang tidak memiliki sarana dan prasarana olah raga lantaran terbentur dengan aturan adat. Tujuh siswa asal suku yang menghuni lereng gunung Kendeng dan bersekolah di SDN 3 dan 4 Hariang, Kecamatan Sobang, Kabupaten Lebak itu, rupanya tidak surut semangatnya untuk mengukir prestasi dibidang olahraga.

Buktinya, ketujuh siswa tersebut mengikuti ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat SDN se-Kecamatan Sobang, Kabupaten Lebak yang digelar Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) setempat.

Abdul Kholik, Kepala Sekolah SDN 4 Hariang Kecamatan Sobang Kabupaten Lebak mengatakan, pihaknya bangga memiliki murid berprestasi seperti anak Suku Baduy, rata-rata fisiknya sangat tangguh karena terbiasa berjalan kaki.

“Saya merasa bangga memiliki murid yang berprestasi seperti anak-anak asal Baduy ini. Bukan hanya berprestasi di bidang akademik, mereka juga berprestasi di bidang olahraga. Secara fisik, mereka memang sangat tangguh, tapi itu juga dibarengi dengan semangat juang yang tinggi, terbukti mereka sempat mengikuti lomba di tingkat Kabupaten, dan sanggup meraih juara pada cabang bulu tangkis,” kata Kholik di Kecamatan Sobang, minggu (27/03/2016).

Ia mengaku, memang bukan hal yang mudah untuk menggerakan minat bersekolah warga Baduy. Dibutuhkan, kesabaran dan dorongan, serta motivasi yang tinggi.

“Di Kampung Cisaban ada 2 Rukun Tetangga (RT). Seperti warga Baduy yang lain, warga Cisaban sangat patuh akan aturan adat, tapi dengan diberikan pemahaman serta motivasi, lambat laun semenjak tahun 2007 silam, jumlah anak-anak yang minat bersekolah terus meningkat, mudah-mudah ini menjadi hal yang positif bagi warga Baduy demi memajukan daerahnya sendiri,” terangnya.

Kepala UPT Disdikbud Kecamatan Sobang, Marja menjelaskan, ada 19 atlet yang mengikuti seleksi O2SN tingkat SDN se-Kecamatan Sobang dengan 6 cabang olahraga yang dilombakan.

“Mudah-mudahan trend juara yang telah kita raih dapat ditingkatkan, sebab cabang olahraga bulutangkis sangat diandalkan untuk berprestasi di tingkat Kabupaten, yang pada tahun 2015, kita berhasil meraih juara dua tunggal putri dan juara ketiga tunggal putra,” ungkapnya.

Sementara Sahani (12), salah seorang siswa kelas 5 SDN 4 Hariang asal Baduy mengaku senang, bisa ikut andil dan mewakili sekolahnya sebagai atlet bulu tangkis.

“Mudah-mudahan juara, hayang jadi kabanggaan emak jeng bapa (mau jadi kebanggaan orang tua-red),” tutur Sahani yang mengaku punya cita-cita sebagai atlet bulu tangkis terkenal.(dee/a1)

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Penulis: 
author

Isi dengan Komentar anda...