Sidak Disdukcapil Kota Tangerang, Ombudsman Temukan Keluhan Pemohon E-KTP

904 views

Pemohon E-KTP di Kabupaten Tangerang ( poto: merdeka.com)

TANGERANG,BANTENDAY.com – Ombudsman Republik Indonesia melakukan inspeksi mendadak atau sidak di kantor dinas kependudukan dan catatan sipil Kota Tangerang, Banten dalam sidak ini ombusman menemukan beberapa permasalahan di kantor tersebut.

Wakil ketua ombudsman RI langsung memasuki pelayanan pablik di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Tangerang, Banten. Wakil Ketua Ombudsman RI, Lely Pelitasari langsuang menanyakan kepada warga yang mengantri di kantor tersebut.

Dalam inspeksi mendadak  yang di lakukan oleh ombudsman itu warga mengeluhnya antrian yang memakan waktu hingga lebih dari satu hari, dan kurangnya sosilisasi kepada masyarakat terhadap masayarakan untuk pelayanan E-KTP. 

Tidak hanya itu adanya jasa pengambilan pembuatan E-KTP  jasa atau calo  kepada orang tertentu yang memliki akses kepada petugas di kantor Disdukcapil setempat.

Erlan Rusnalan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Tangerang mengatakan ia mengakuai adanya masayarakat menggunakan jasa atau calo menggunakan rukun warga atau RT setempat adapun uang jasanya ia tidak mengetahui berapa besarnya.

“ Ya memang ada warga yang lewat calo dalam permohonan E KTP, namun saya tidak tahu berapa dibayarnya, “ kata Erlan,  Kamis (22/9/2016).

Sementara Lely Pelita Sari Wakil Ketua Ombudsman RI mengatakan sidak tersebut dalam rangka menindaklanjuti pertemuan  kementrian dalam negeri terkait pelayanan E-KTP di seluruh Indonesia, bahwa dalam surat edaran tersebut disampaikan tanggal 30 september 2016 bukan batas akhir pembutan E-KTP.

“ Hasil pertemuan itu sudah disepakati bahwa tanggal 30 September 2016 bukan  batas akhir pembuatan E-KTP,” kata Lely kepada bantenday.com.

Diketahui sebanyak 300 ribu warga belum memebuat E-KTP sementara dalam sehari hanya bisa melayani 2000 orang pemohon. Petugas ombusdsman langsung melakukan sidak ke kantor Kecamatan di wilayah Tangerang,

“ Semoga di Tangerang E-KTP akhir September tercapai, tukasnya,” katanya, (Gus/A5)

 

 

 

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...