Seren Taun Cibobos Lebak, Kearifan Lokal yang Hidup Kembali

871 views


LEBAK, BANTENDAY.com -Seren taun, di Kampung Cibobos Desa Karangkamulyan Kecamatan Cihara, Lebak, adalah prosesi acara adat tradisi leluhur yang lama hilang dan kini dihidupkan kembali. Kearipan lokal yang hampir punah ditelan pesatnya kemajuan jaman itu, kini dibangkitkan agar tradisi leluhur sebagai bentuk syukur hasil panen itu tidak punah.

Iring-iringan warga yang membawa hasil bumi, rombongan warga mengenakan pakain adat berwarna hitam serta mengenakan lomar yakni kain pengikat kepala. Penampilan atraksi budaya, semakin membuat meriah acara seren tahun tersbeut. 

 Kesenian tradisional yang dipertontonkan itu antara laian, lengser, tabeuh lisung/gegener, ujungan, penca silat dan debus. Kegiatan seren taun semakin meriah lantaran digelar bertepatan dengan acara milad pemuda Cibobos ke 23. 

Rangkaian acara milad pemuda Cibobos sendri dipusat di lapangan sepakbola Kampung Cibobos, yang digelar selama tiga hari, sejak Sabtu hingga Senin (9-11/9). 

Dalam milad itu juga digelar turnamen sepakbola Cibobos Cup 2017, yang diikuti sebanyak 64 team sepak bola di Lebak Selatan.

Pemuda Kampung Cibobos, Saptuhi mengaku bangga dengan kegiatan seren taun dan milad pemuda Cibobos ke-23, yang berlangsung meriah.

”Ini bukti kekompakan dan keseirusan membangkitkan budaya seren taun yang sudah lebih 25 tahun hilang,” katanya.

Sementara Kepala Desa Karang Kamulyan, Mulyadi, mengaku gembira dengan kegiatan yang digagas para pemuda tersebut sekaligus disatkan dengan acara adat kaolotan Cibobos yang sudah lama hilang.

“Alhamdulilah acara ini berjalan lancar, semoga acara ini bisa keberlanjutan dan terus berkembang dari tahun ke tahun,” kata Mulyadi.

Menurutnya, milad pemuda Cibobos ke-23 ini menjadi kekuatan masyarakat dalam merawat kekompakan serta bersyukur dengan hasil bumi. Meski tahun ini masih ada petani yang gagal panen, namun harus tetap disyukuri.

Camat Cihara, Haerudin, berharap acara seren taun di Cibobos dilestarikan, sehingga tidak punah ditelan kemajuan jaman. Sebab itu kegiatan yang dilaukan pemuda Cibobos dalam membangkitkan tradisi seren taun perlu diapresiasi.

“Ternyata di Cibobos juga ada tradisi budaya seren taun yang sudah lama hilang, mari kita bangkitkan lagi,” katanya.( A1)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...