Sekda Lebak Minta Bendahara Desa Proaktif

4098 views
image

H. Dede Jaelani Sekretaris Daerah Lebak, saat memberikan sambutan pada pelatihan taha I pada 100 orang bendahara desa di Kabupaten Lebak.(poto : bantenday.com)

LEBAK, BANTENDAY.com – Sekretaris Daerah Kabupaten Lebak, H. Dede Jaelani mengatakan bendahara desa memegang peranan penting dalam pembuatan laporan pertanggung jawaban keuangan pada realisasi anggaran dana desa (ADD), karenanya setiap bendahara desa wajib memiliki kualitas kerja dalam menjabarkan bentuk akuntabilitas keuangan desa tersebut.

Ia juga menilai pentingnya peningkatan kemampuan bendahara desa, sebagai bagian dari upaya pemerintah dalam turut mendorong terciptanya kualitas sumber daya manusia (SDM).     

“Untuk itu, hari ini untuk tahap pertama 100 orang bendahara desa kami latih terkait aflikasi laporan pertanggung jawaban keuangan desa, seiring dengan telah direalisasikannya ADD tahap I di Kabupaten Lebak tahun anggaran 2016 ini. Pelatihan ini penting untuk mereka ikuti, karena pelatihan ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas SDM khususnya bendahara,” ungkapnya Senin 16/05/2016) disela-sela gelar pelatihan tahap pertama bendahara desa, bertempat di gedung PGRI jalan Siliwangi Pasir Ona Rangkasbitung.   

Masih kata dia, pelaporan keuangan dana desa, merupakan rangkaian akhir atas bentuk realisasi dana desa, yang dijabarkan melalui sejumlah kegiatan desa, seperti operasional dan kegiatan pembangunan prasarana desa. Sehingga, sangat tabu bagi pemerintahan desa, yang telah menerima dana desa, untuk mengabaikan adanya pelaporan keuangan dana desa tersebut.

Selain dalam pelaporan keuangan, sosok bendahara desa dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi (tupoksi), juga dituntut untuk mau dan mampu bersinergi bersama komponen pemerintahan desa lainnya, terutama dalam mewujudkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes), Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) serta Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (RAPB-Des).

“Kami harapkan, pasca pelatihan ini, para bendahara desa lebih proaktif lagi dalam kinerjanya. Ya, karena mereka telah mendapatkan bekal ilmu yang berharga, bersinergi dengan aparatur desa dan komponen desa lainnya itu penting,” tukasnya. ( dee/sep/a3)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Bendahara Desa Minta Proaktif Sekda Lebak

Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...