Sejuknya Perkebunan Teh Cibeber Lebak

11907 views

Perkebunan Teh Cibeber -Lebak

LEBAK, BANTENDAYcom – Menikmati udara sejuk perkebunan teh dan pemandangan indah, tetnyata tidak selalu kita  harus pergi Puncak, Bogor, Jawa Barat. Bagi warga Banten, suasna itu bisa dinikmati juga  di wilayah Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Banten.

Cikuya adalah nama salah satu kampung  di Desa Hegarmanah kecamtan Cibener, dari Kampung ini kita bisa melihat dan merasakan sejuk dan indahnua perkebunan teh yang mempesona.

Perkebunan teh milik  perusahaan swasta ini berada berbatasan dengan Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, suasannya sama seperti perkebunan teh puncak Bogor. 

Untuk menuju perkebunan teh pertama di Kabupaten Lebak ini, tidaklah begitu sulit. Sepanjang perjalanan menuju ke perkebunan ini, pengunjung akan disuguhkan dengan panorama yang lengkap dari deretan keindahan alam Lebak Selatan, mulai dari Pantai, Pegunungan dan berbagai keindahan lain siap memanjakan mata setiap penikmatnya. Namun, kita harus ekstra hati-hati saat akan memasuki lokasi perkebunan teh. Soalnya, dikanan kiri jalan banyak jurang yang cukup curam. Ditambah, kondisi jalan masih berupa tanah dan bebatuan yang cukup membahayakan, terutama bagi para pengendara motor.

Pohon teh yang terhampar luas serta sejumlah petani yang sedang memetik daun teh. Suasana sejuk akan mulai terasa, saat kita tiba di pabrik pengolahan teh. Semua orang yang mengunjungi kebun the ini akan berdecak kagum, karena ternyata di peloksok di wilayah Lebak Selatan, terdapat kebun teh yang tak kalah indahnya dengan kebun teh di kawasan Puncak, Bogor. Bagaimana tidak, sejauh mata memandang terhampar hijaunya pohon teh diareal yang memiliki luas sekira 40 hektare tersebut. Dari kejauhan, tepatnya diatas bukit tampak sejumlah beberapa warga. Mereka bukan pemetik teh tetapi warga yang sengaja berkunjung untuk sekedar menimkati panorama alam dan sejuknya perkebunan teh.

Sebenarnya luas areal perkebunan the ini seluruhnya sekira 86 Hektare, sementara yang sudah ditanami sekitar 43 Hektare. Kebun Teh organik ini dikelola oleh PT. Harendong Green Farm sertifikasi USDA (USA), IMO (Swiss), JAS (Japan), Indonesia Agriculture, dibuka sekitar tahun 2005.

Diperkebunan teh ini kita tidak hanya melihat keindahan kebun teh yang berjajar rapi saja, namun suasana sejuk dan dingin yang dihadirkan kebun inipun tak kalah dengan kebun-kebun teh yang sudah kita kenal sebelumnya, sebut saja perkebunan teh di Puncak, Cianjur, Jawa Barat. Selain itu udara disekitar perkebunan inipun masih sangat bersih dan terawat, sehingga pengunjung  bisa menikmati udara segar sepuasnya.

Perkebunan teh Cikuya, berada di ketinggian 750-1.200 dpl ini juga memiliki pemandangan yang indah. Selain itu lokasinya berdekatan dengan air terjun Curug Cirokrak (korolak) yang eksotik.

“Setiap akhir pekan kami biasa mengunjungi perkebunan teh Harendong, karena suasana alamnya seperti di Puncak, Bogor,” kata Aji warga Ràngkasbitung.

Aji sering mengajak temanya untuk berkunjung kelokasi , namun sayangnya, akses jalan menuju perkebunan kondisinya masih berupa tanah dan batu.

Humas Perkebunan teh PT Harendong, Prianto menuturkan, hampir  setiap hari selalu ada saja warga yang berkunjung ke perkebunan teh untuk sekedar bermain. Kebanyakan dari warga yang berkunjung didominasi oleh anak-anak sekolah. Biasanya lanjut dia, jika hari Sabtu dan Minggu warga yang datang ke perkebunan teh cukup lumayan banyak.

“Biasanya waktu berkunjung warga pada sore hari, karena sambil menikmati matahari terbenam,” imbuhnya.

Ia menjelaskan, pembukaan kebun teh mulai digarap sekira tahun 2005 diatas lahan hak guna usaha (HGU) seluas 86 hektare. Awalnya, lahan tersebut merupakan hutan rakyat yang digarap oleh warga. Saat ini lanjutnya, lahan yang sudah ditanami pohon teh yakni seluas 43 hektar. Sedangkan jumlah karyawan tetap yang bekerja di perusahaan yakni sebanyak 90 orang. Sementara untuk masa panen yakni setiap dua bulan sekali dengan hasil panen sebanyak 500 kilogram dalam satu kali panen. Ia menambahkan, bibit teh yang ditanam yakni teh jenis unggul, grinti, redti dan broken.

“ Produk teh yang sudah jadi, kita kirim ke Jakarta dalam bentuk teh yang sudah diolah,” ungkapnya.(Mal)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Penulis: 
author

Isi dengan Komentar anda...