Sambut Ramadhan, Warga Ikut Kramas Masal di Sungai Cisadane

2155 views

image

Ilustrasi kramas/ist

TANGERANG, BANTENDAY.com – Menyambut datangnya bulan suci ramadhan, ratusan warga Babakan Tangerang Banten,  mengikuti tradisi tahunan dengan melakukan keramas masal di sungai Cisadane. Warga berharap para pengusaha industri tidak membuang limbah pabrik kesungai, agar tradisi mandi masal tidak punah.

Ratusan warga Babakan Tangerang terlihat memadati bantaran sungai, untuk melakukan tradisi tahunan yakni keramas masal, untuk menyambut bulan suci ramadhan.

Bukan hanya orang tua yang mengikuti mandi masal itu namun anak-anak pun ikut serta dalam tradisi yang sejak dulu dilakukan warga setempat. Keramas dilakukan itu dilakukan dengan tujuan untuk membersihkan dan mensucikan diri. Selain itu warga ingin mempererat tali silatutahmi sesama muslim.

” Tujuanya kramas masal ini untuk mensucikan diri jelang bulan ramadhan, kami selalu melakukanan kramas untuk puasa besok,” ungkap Samidah, warga Babakan, Minggu, 5 Juni 2016.

Abu Sofyan tokoh masyarakat setempat mengatakan tujuan kramas ini kita bergembira menyambut ramadhan.

” Yang ikut kramas masal ini diikuti orang tua dan anak-anak, ini merupakan tradisi kearifan lokal, yang sudah dilakukan nenek moyang kita, kalau dulu menggunakan merang, namun sekarang diganti shampo, karena merang sulit didapat,” katanya.

Warga kata dia, sangat berharap peran serta pemilik perusahaan untuk tidak membuang limbah ke sungai Cisadane.

” Pemerintah kota Tangerang juga dapat menjaga kebersihan sungai Cisadane, Agar tradisi kramas masal ini tidak punah,” harapnya.(Gus/A1)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Cisadane di Sungai Ikut Kramas Masal Ramadhan Sambut Warga

Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...