Ribuan Rumah Di Lebak Terendam Banjir

1720 views
image

Nampak tim dari Dinsos Banten dan Tagana saat menyalurkan bantuan ratusan dus mie instan kepada korban angin puting beliung.

Bantenday.com, LEBAK – Akibat angin puting beliung dan hujan deras yang terjadi pada hari Selasa (19/04/2016). Sekitar Pukul 16.30 WIB, menghancurkan dan merendam seribu lebih rumah di dua Kecamatan yaitu Kecamatan Gunung Kencana dan Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Kasi Pencegahan dan Mitigasi pada Bidang Pencegahan Bencana BPBD Provinsi Banten, Uus Kuswoyo mengatakan, berdasarkan laporan yang diterima Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Banten dilapangan. Ada seribu lebih rumah di Kecamatan Banjarsari dan Kecamatan Gunung Kencana terendam banjir akibat luapan sungai Mangpeng di Kecamatan Gunung Kencana, serta luapan dari sungai Citepuseun dan Cimoyan, Kecamatan Banjarsari.

“Sekitar 20 rumah rusak berat dan 15 rumah rusak ringan akibat angin puting beliung, sedangkan 55 rumah dibeberapa wilayah desa tersebut terendam bajir akibat luapan sungai Mangpeng,” terang Uus saat dihubungi bantenday.com melalui  selullernya, Kamis (21/04).

Yang lebih parah lagi menurut Uus, adalah yang di Kecamatan Banjarsari, luapan dari sungai Citeupuseun dan sungai Cimoyan yang ada di Kecamatan Banjarsari, merendam seribu lebih rumah penduduk yang ada dibeberapa desa diwilayah tersebut.

“Di Kecamatan Banjarsari lebih parah lagi, karena merendam hingga seribu lebih rumah penduduk dibeberapa desa di Kecamatan tersebut. Kami sudah mengirimkan TRC ke wilayah itu dengan membawa logistik yang diperlukan bagi korban bencana,” terangnya.

Sementara Kepala Dinas Sosial Provinsi Banten, Ino S Rawita mengatakan, pihaknya sudah melakukan kordinasi dengan BPBD Banten mengirim tim dan bantuan logistik dan keperluan sehari-hari.

“Setelah saya melaporkan kejadian tersebut kepada Gubernur, berdasarkan instruksi yang diberikan agar secepatnya memberikan bantuan kemanusiaan mengingat dampak bencana yang cukup besar, pihaknya langsung mengirimkan tim dari Dinsos Banten bersama Tagana dan BPBD Banten langsung ke lokasi kejadian,” terangnya.

Saat ini kata Ino, pihaknya sedang melakukan pemantauan secara langsung ke lokasi bersama Disnakersos Lebak, sambil menyalurkan bantuan untuk keperluan sehari-hari.

“Kita sedang memantau bersama Disnakersos Lebak dilokasi, sambil menyalurkan bantuan seperti, Sembako (mie instan, lauk pauk, makanan siap saji), Peralatan dapur, Matras, selimut, Tenda gulung, Family kids dan Kids wear. Untuk bantuan lainnya kita akan lakukan kordinasi dengan BPBD Provinsi Banten,” ungkapnya.(dhe/3)

 

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...