Ratusan Petani di Lebak Tuntut HGU Atas Lahan Negara

2042 views

Ratusan petani berunjuk rasa di depan kantor Bupati Lebak ( bantenday.com)


LEBAK, BANTENDAY.com – Ratusan warga yang tergabung dalam Persatuan Petani Banten (P2B) melakukan aksi unjukrasa didepan Kantor Bupati dan kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN), Selasa (23/8). Dalam aksinya masa menuntut pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak dan BPN agar hak pengelolaan atas tanah negra eks Hak Guna Usaha (HGU) PT The Bantam dan Preanger Rubber diberikan kepada Masyarakat yang sudah belasan tahun menggarapnya.

Koordinator aksi, Abay Haetami mengatakan, pihaknya jg meminta agar pemerintah menolak atau tidak lagi memperpanjang HGU dua perusaan tersebut dimana sudah habis kontraknya pada tahun 2002. Pasalnya, sejak itu masyarakat menggantungkan kehdupannya dengan menggarap lahan milik negara yang terletak di Desa Gunung Anten, Jayasari, Lebak Parahiang dan Wantisari yang merupakan berada di dua kecamatan Cimarga dan Leuwidamar.

“Kami saat ini menggantungkan kehidupan kami dengan menggarap lahan tersebut bercocok tanam demi memenuhi kebutuhan sehari-hari kelaurga, karena keahlian masyarakat masyarakat seluruhnya hanya bidang pertanian,” kata Abay, dalam orasinya, didepan kantor bupati, kemarin.

Anhar pendemo lainnya mengatakan, pihaknya juga menyayangkan adanya dugaan tindak pemersan yang dilakukan PT The Bantam dan PT Preanger Rubber terhadap masyarakat yang menggarap, karena tidak mempunyai dasar hukum yang kuat.

“Kami mengutuk dengan keras apabila pemerintah Kabupaten Lebak dan BPN memihak kepada perusahaan atau investor yang jelas-jelas telah mengusir dan memperlakukan masyarakat dengan tidak layak,” papar Anhar.

Aksi unjuk rasa yang berlangsung sekitar pukul 09.00 – 11.00 Didua tempat yakni didepan kantor bupati dan BPN berlangsung dengan tertib dan sampai selesainya aksi tidak ada satu pejabat pemkab dan BPN yang kelauar untuk menemui para pendemo.( A. Saeful Wahyudi/Bukhi Ikhwanul Hakim/A1)