Rano Ingin Seba Baduy Masuk Kalender Nasional

5994 views

image

Gubernur Banten Rano Karno saat menerima seba Baduy di Serang ( poto : dedi/ bantenday.com)

SERANG, BANTENDAY.comRibuan  warga suku Baduy mengikuti upacara adat yang dikenal Seba Baduy.  Upacara ritual seba Baduy digelar di Pendopo Gubernur Banten, di Kawasan Alun-Alun Kota Serang, Sabtu 14 Mei 2016.

Seba yang dilakukan warga yang bermukim dilereng gunung Kendeung pedalaman Kabupaten Lebak itu rutin  dilakukan tiap tahun setelah panen raya dengan menyerahkan beras, palawija, gula merah dan hasil bumi lainya kepada Bapak Gede, Gubernur Banten.

“Setiap tahun seba Baduy akan berlangsung, tapi memang tiap tahun itu berbeda, karena ada seba kecil ada seba besar, kali ini seba kecil tidak lebih dari 1.500 orang.Tahun lalu hampir 3.000 lebih, tapi artinya tiap tahun seba Baduy pasti ada,” kata Gubernur Banten Rano Karno.

Karena acara seba Baduy rutin dilakukan tiap tahun itu, Rano ingin acara peringatan seba Baduy itu di jadikan Kalender Nasional.

” Kita ingin seba Baduy ini menjadi kalender nasional, tapi memang ada sedikit problem kalender ini yang menyerahkan tanggalnya mereka, kita tidak bisa menentukan tahun depan tanggal berapa yah,” ujarnya. (dey/a2)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Baduy Banten banten hari ini Berita berita banten berita banten online berita banten terdepan berita banten terkini berita cilegon berita harian berita harian banten berita kabupaten serang berita kabupaten tangerang berita kota serang berita kota tangerang selatan berita lebak berita pandeglang berita portal berita provinsi banten berita serang berita tangerang berita terkini berita terkini banten berita utama breaking news breaking news banten budaya banten ekonomi banten harian banten harian berita banten info banten Ingin kabar banten Kalender kumpulan berita kumpulan berita banten Masuk media banten Nasional online berita banten pemprov banten pendidikan banten politik banten portal banten portal berita banten Rano Seba sejarah banten seputar seputar banten seputar berita banten top banten wisata banten

Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...