Rano Bantah Telah Keluarkan Izin Pertambangan Pasir Laut Di Banten

1170 views
image

Gubernur Banten Rano Karno

Bantenday.com, SERANG–Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten hingga saat ini mengaku belum mengeluarkan izin pertambangan pasir laut di Banten. Adapun pertambangan yang sedang berjalan, memperoleh izin dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang. Namun, Gubernur Banten menyatakan akan mempelajari aturan hukum moratorium terhadap penyedotan pasir laut di wilayah Banten.

Gubernur Banten, Rano Karno membantah jika pihaknya telah memberikan izin penambangan pasir di wilayah perairan Banten. Menurut Rano, izin yang dimiliki oleh para penambang pasir di perairan Banten saat ini, dikeluarkan oleh pemerintah Kabupaten Serang.

Menurutnya, Penambangan pasir laut yang saat ini berjalan adalah kelanjutan penambangan yang izinnya dikeluarkan oleh Pemkab Serang. Untuk itu, Pemprov tidak mungkin menghambat perpanjangan izin yang sebelumnya sudah dikeluarkan oleh Pemkab.

“Izin ini perpanjangan dari Kabupaten Serang, kami hanya melanjutkan. Sejauh ini seluruh persyaratan telah dipenuhi,” ujar Rano Karno kepada wartawan, Kamis (21/4/2016).

Rano pun mengaku sudah memerintahkan Badan Koordinasi Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (BKPMPT) Provinsi Banten, untuk mempelajari aturan hukum moratorium terhadap penyedotan pasir laut di wilayah Banten.

“Saya sudah memerintahkan Kepala BKPMPT untuk mempelajari semua aturan hukum penyedotan pasir laut di wilayah Banten oleh perusahaan yang selama ini beroperasi di perairan kita,” terangnya.

Selaras dengan keputusan pemerintah pusatyang mengeluarkan kebijakan moratorium reklamasi, Rano mengaku bahwa moratorium penambangan pasir di wilayah perairan Banten akan diberlakukan secepatnya.

“Saya meminta Kepala BKPMPT untuk secepatnya berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait hal tersebut,” tegas Rano.

Sebelumnya, Rano juga menyatakan akan memperketat dalam pemberian izin pertambangan pasir laut di Banten. Hal itu terkait dengan adanya kasus dugaan korupsi proyek reklamasi teluk jakarta, dimana Banten merupakan salah satu daerah penyuplai pasir.

“Iya, izinnya akan lebih diperketat. Tidak ada masalah, memang dibawah rawan konflik,” katanya.(dhe/a3)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...