Puncak Karamat Lebak, Siang dan Malam Tetap Mempesona

5897 views

Salah satu sudut puncak Karamat di desa Cikarang, Lebak, Banten ( bantenday.com)

LEBAK, BANTENDAY.com – Karamat adalah nama salah satu kampung di desa Cikarang kecamatan Muncang Kabupaten Lebak, Banten. Kondisi geografis yang dikelilingi pegunungan itu memberikan pesona alam tersendiri.

Sebetulnya alam pedesan yang masih asri dengan gunung-gunung yang menjulang tinggi serta hamparan sawah itu bisa menjadi potensi obyek wisata yang masih perawan dan dapat dikembangkan di wilayah tersebut, namun potensi wisata alam itu seperti luput dari perhatian aparat desa setempat.

Hijaunya pepohonan, luasnya hamparan pesawahan, sejuknya udara gunung, menjadi daya tarik tersendiri bagi para penikmat alam. Bukan tidak mungkin jika dikelola akan menjadi tempat wisata yang menjanjikan seperti Jatiluwih yang merupakan pusat desa wisata yang berada di Bali.

Bagi yang ingin mengunjungi keindahan alam puncak Karamat sangatlah mudah karena letaknya berada di jalan raya Muncang –Sobang . Untuk menuju kawasan puncak Karamat , pengunjung tidak perlu jalan kaki untuk menempuhnya. Sebab, akses jalan melewati puncak Karamat.

“Aksesnya juga mudah, waktu tempuhnya relatif singkat dari Pasar Ciminyak yang hanya lima kilometer, ” ungkap tokoh masyarakat Karamat, Agus Purnama Alam, Minggu (18/9/2016).

Menurutnya, keindahan alam Puncak Karamat berbeda dengan daerah lain. Disini pengunjung bisa melihat gunung angsana, gunung Gadung dan gunung lainya yang berjejer seperti menempel ke langit, dibawahnya terdapat perkampungan antara lain Kampung Handam, ampung Cikoneng dan Kampung Kumpay yang dibelah sungai Cilaki.

Pada sore hari bisanya banyak remaja yang mengujungi tempat itu sekedar untuk bersantai menikmati suasana penggunungan, bahkan banyak orang jauh yang kebetulan melintas di Puncak Karamat, sengaja berhenti untuk melihat pemendanngan itu atau sengaja poto selfy dipinggir jalan. Sebetulnya kata Agus, ada saja orang yang mengunjungi puncak Kramat pada malam hari.

Sebab di Puncak tersebut jika cuaca cerah keindahan panorama alam sangat mengesankan, ujung bumi dengan langit itu seperti dibatasai lampu-lampu yang berkedip sebatas mata memandang.

“ Pemandangan Puncak di malam hari sangat indah, ada rekan saya yang kebetulan datanng kesini, katanya sih mendapatkan sensasi tersendiri saat menikmati suasana malam di Puncak Karamat,” ucapnya.

Selain keindahan alam untuk melepas lelah dari kesibukn sehari-hari ditempat itu juga ada tempat wisata ziarah, karena dipematang Karamat ada tempat petilasan Eyang Jagaraksa.

“ Ya banyak yang ziarah ke petilasan Eyang Jagaraksa itu, ada yang datang juga kesini, ya saya tunjukan ke Madnur yang bisa menziarahkan tamu, dia itu kuncennya,rumahnya di Kampung Paraja, “ tukasnya. (Asep Alibuni)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...