Puncak Haji Wukuf di Arofah

944 views

“Ampunan Allah Seluas Langit dan Bumi”
Oleh: Amas Tadjuddin

TPHD Banten

(Langsung dari Makkah)
Hari ini Selasa 29 Agustus 2017 pukul 00.30 Waktu Makkah, suasana menjelang puncak pelaksanaan ibadah haji yaitu Wukuf di Arofah (al haju arofata) tanggal 09 dzjulhijah diprediksi bertepatan dengan hari Kamis 30 Agustus 2017 (menunggu kepetusan Pemerintah Kerajaan Saudi Arabia).
Jumlah total jamaah haji Indonesia sekira 205.599 orang jamaah termasuk petugas (TPHD, TKHD, TKHI, TPIHI, TPHI) yang terbagi dalam 512 Kelompok Terbang (Keloter) termasuk didalamnya 9.556  jamaah asal Provinsi Banten.
Saat ini seluruh jamaah Indonesia sudah terkonsentrasi berada di Kota Makkah bergabung dengan jamaah dari berbagai negara di dunia, berdasarkan perkiraan data pusat haji bahwa jumlah jamaah haji dunia diantaranya Pakistan 179 ribu, India 170 ribu,  Bangladesh 120 ribu,  dan negara negara lainya dibawah 100 ribu jamaah seperti Mesir, Maroko, Negeria, Turki, Yaman, dan Iran. Demikian pula Malaysia, Brunai Darusalam, Singapure, Thailand,  Pilipina,  Jepang,  Korea, dan lainya,  tentu makin menambah padat Kota Makkah. 
Kepadatan dimaksud terutama situasi dari dan ke Masjidil Harom mulai terasa dan terlihat sejak empat hari lalu, nampak lautan manusia “mengular” sejarak 5-7 kilo meter menuju Masjdil Harom demikian sebaliknya terutama menjelang shalat ashar-maghrib-dan isya.
Amas Tadjuddin (TPHD) Banten menghimbau kepada seluruh Jamaah Haji Indonesia,khususnya jamaah haji asal Provinsi Banten untuk memantapkan dan meningkatkan penguasaan pemahaman manasik haji tentang Wukuf, Mabit Muzdalifah-Mina, dan Lontar Jumroh, jamaah senantiasa selalu menjaga stamina, kebugaran, dan kesehatan, cukup makan, banyak minum dan cukup istirahat.

terutama bagi kelompok jamaah berusia sepuh (lansia) agar dapat menyimpan energi menjelang Wukuf Arofah tanggal 9 Dzulhijjah lusa. 

“perlu kami tegaskan bahwa penguasaan manasik Wukuf dan perlunya menjaga kesehatan bagi para sepuh harus ditingkatkan, demikian juga khusus bagi para perokok berat yang secara tersirat kami lihat belum ikhlas untuk meninggalkan tradisi ngepul asap itu sejatinya harus dihentikan. Jangan sampai area seputar hotel pondokan haji setiap pagi siang dan sore dijadikan arena merokok berjamaah”, demikian pesan Amas Tadjuddin langsung dari lokasi sektor 10 Kawasan Jarwal Makkah.

Selanjutnya Amas Tadjuddin mengajak kepada keluarga Jamaah di Tanah Air untuk bepuasa sunah, memperbanyak dzikir, memanjatkan doa bersama bagi keselamatan para jamaah di Makkah dan bagi keselamatan umat islam dan bangsa Indonesia secara umum agar terhindar dari fitnah dan ancaman perpecahan nasional. 

“Kami menganjurkan kepada kaum muslimin di Tanah Air untuk senantiasa berpuasa pada hari Tarwiyah dan hari Arofah (8-9 dzulhijjah) sebagaimana dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW”, demikian ajakan Amas Tadjuddin dari Makkah yang tergabung dengan Keloter 55 JKG Kabupaten Serang.

Kegiatan wukuf di Arofah akan dimulai lusa tanggal 09 dzulhijjah setelah shalat dzuhur dan ashar digabung berjamaah dilanjut mendengarkan khutbah Arofah sebagai momentum menyampaikan peringatan Allah agar seluruh umat muslimin menyadari akan salah dan dosa yang selama ini dilakukan disengaja maupun tidak, kini saatnya di Arofah tempatnya yang mustajab untuk berdoa pdan mohon ampunan dari Allah SWT dan pasti Allah mengampuni akan memaafkanya, karena ampunan magfiroh Allah tak terhingga seluas langit dan bumi bagi yang dikehendakinya, inilah sesungguhnya puncak ibadah haji,  wukuf berserah diri kepada Allah SWT di padang Arofah,  sebagai miniatur hari kebangkitan (kiyamat), semua orang sama dihadapan Allah kecuali ketaqwaanya,  beriman dan bertaqwalah sehingga memperoleh predikat haji mabrur.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...