PPK Lebak di Pilgub Banten Dibubarkan

682 views

Ilustrasi



RANGKASBITUNG, BANTENDAY.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lebak secara resmi telah membubarkan badan adhoc penyelenggara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten tahun 2017.

Pembubaran Panitia Pemungutan Suara (PPS) dilaksanakan pada 20-23 Maret 2017 lalu di masing-masing kecamata, Sementara Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) baru dibubarkan pada 5-7 April 2017 lalu di Megamendung, Bogor.

Sebelum resmi dibubarkan, KPU Lebak melakukan evaluasi menyeluruh terhadap seluruh penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten 2017 terhadap PPS dan PPK se-Lebak.

“Evaluasi ini sangat penting untuk mengukur seberapa berhasil tahapan Pilgub Banten dilaksanakan PPS dan PPK,” kata Ketua KPU Lebak, Ahmad Saparudin beberapa waktu lalu di kantornya.

Diungkapkan Saparudin bahwa evaluasi menjadi sangat penting bukan saja untuk mengukur keberhasilan Pilgub Banten di Lebak, melainkan akan menjadi tolak ukur dan bahan bagi KPU Lebak dalam mempersiapkan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lebak yang sebentar lagi akan digelar serentak secara nasional.

“Lebih penting lagi, pada Juni atau Agustus mendatang, tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lebak akan segera dimulai dimana KPU RI telah menjadwalkan pilkada serentak tahap ketiga ini pada bulan Juni 2018 mendatang,” ujarnya.

Di tempat terpisah, Anggota KPU Lebak, Ace Sumirsa Ali menjelaskan bahwa setidaknya ada empat indicator utama yang digunakan KPU Lebak dalam mengevaluasi penyelenggara pemilu di badan adhoc.

Empat indicator dimaksud adalah pada pemutakhiran data pemilih, keuangan dan logistic, pemungutan suara dan rekapitulasi hasil pemungutan suara dan terakhir adalah soal sosialisasi kampanye dan sumber daya manusia.

“Selain itu Ace menambahkan KPU Lebak juga memberikan reward bagi PPS dan PPK terbaik untuk katagori tingkat partisipasi terbaik, pengendalian dan pengelolaan keuangan dan kinerja terbaik, ini sebagai bentuk apresiasi terhadap kerja keras PPS dan PPK,” ujarnya. (asa/k1)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...