PPDB di Tangsel Semraut, Ini Penyebabnya

351 views

Pengurus KMPPT Kota Tangesel saat menggelar pressconference, Kamis(13/7/2017)

TANGSEL, BANTENDAY.com– Pelaksanaan Penerimaan Didik Baru (PPDB) Tahun 2017 di Kota Tangerang Selatan, semrawut. Carut marutnya PPDB itu ditandai dengan banyaknya temuan,  yang didapatkan Tim Koalisi Masyarakat Peduli Pendidikan Tangerang (KMPPT).

Ketua KMPPT Oki Anda, mengatakan carut marutnya proses PPDB 2017 di Kota Tangsel ini disebabkan berbagai faktor, salah satunya adanya perubahan regulasi.

Perubahan peraturan itu, kata Oki, sebelumnya merujuk kepada peraturan bersama antara Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan Menteri Agama Republik Indonesia, Nomor 2/VII/2014/Nomor 7 tahun 2014, beralih ke Pemendikbud Nomor 17 tahun 2017. Selain itu kewenangan SMK dn SMA dilimpahkan ke provinsi, sebagai amanat UU Nomor 23 Tahun 2014 sehingga PPDB SMK dan SMA dilaksanakan provinsi . 

Dalam regulasi itu, pendidikan diselenggarakan secara demokratis dan berkeadilan,  serta tidak diskriminatif dengan menjunjung tinggi hak azasi manusia, nilai keagamaan, cultural dan kemajemukan bangsa merupakan prinsip dasar dalam penyelenggaraan pendidikan.

“Namun dalam pemantauan PPDB tahun 2017, terlhat begitu semrawut bahkan banyak ditemukan praktek yang melanggar prinsip dasar diatas,” kata Oki, Kamis (13/7/2017).(Purwanto)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1
Author: 
author

Comments are closed.