Pilkada 2018, KPU Lebak Terima CS dari Calon Perseorangan

1229 views

Pasangan balon bupati Lebak, CS-Didin saat menyerahkan berkas di KPU Lebak.


LEBAK, BANTENDAY.com – Pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Lebak, Cecep Sumarno (CS) – Didin, resmi mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lebak melalui jalur perseorangan, di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Lebak 2018.  

Pendaftaran dilakukan CS-Didin, pada menit-menit terakhir sebelum penutupan, Rabu (29/11/2017) pukul 23.30 WIB, Rabu (29/11/2017).

Sementara itu, bakal calon lainnya yang juga hendak maju, Ahmad Jajuli, yang mendaftarkan diri dari calon  perseorangan, pendaftarannya ditolak KPU Lebak. Penolakan KPU Lebak, karena Jajuli datang melebihi waktu yang telah ditentukan, karena penutupan pendaftaran pukul 24.00 WIB.  Selain itu Jajuli juga tidak melakukan update dukungan melalui silon.

Ketua KPU Lebak, Ahmad Saparudin mengatakan, bila CS yang merupakan warga Rangkasbitung, telah mendaftar sebagai calon bupati dari jalur perseorangan. Namun, untuk bisa mengesankan CS-Didin sebagai calon, maka pihaknya akan melakukan verifikasi persyaratan foto copy yang telah diterima yakni sebanyak 71.111 dukungan.

“Bila dalam ferikasi ada persyaratannya yang dianggap masih kurang, maka KPU akan meminta kepada pihak Cecep Sumarno untuk segera memperbaiki kekurangan persyaratannya itu,” ujar Ahmad Saparudin, Kamis (30/11).

Dikatakan Separudin, terkait penolakan KPU terhadap pendaftaran terhadap calon bupati perseorangan atas nama Ahmad Jajuli, dikarenakan, tiba di KPU Lebak, pada pukul 00.05 WIB. Padahal sudah jelas-jelas, bahwa penetapan pendaftaran calon bupati peseorangan dibuka mulai 25 November hingga  ditutup pada 29 November 2017, pukul 24.00 WIB. Bahkan bukan hanya itu, yang bersangkutan tidak mengunggah persyaratan dukungan pada silon.

“Pak Ahmad Jajuli, kenapa kami tolak pendaftarannya, karena tiba dikantor pukul 00.05 WIB. Artinya sudah masuk ke hari kamis bahkan silonnya juga masih kosong, sehingga berdasarkan penetapan pembukaan pendaftaran, maka yang bersangkutan kami tolak,” tegasnya.

Anggota Komisioner KPU Lebak, CR Nurdin menambahkan, setelah berkas persyaratan calon bupati perseoarangan milik Cecep Sumarno diserahkan ke KPU, maka pihaknya akan langsung melakukan perifikasinya. Apabila ada kekurangan pada persyaratan tersebut, maka KPU akan segara memberitahu pihak Cecep Sumarno agar secepatnya melakukan perbaikan persyaratanya.

“Sejak Rabu malam hingga siang ini, kami masih melakukan peripikasi terhadap peryaratan milik saudara Cecep Sumarno,” kata CR Nurdin.

Ketika ditanya berapa jumlah kartu tanda penduduk pendukung Cecep Sumarno yang diserahkan sebagai salah satu persyaratan maju di pulbup Lebak 2017 ke KPU Lebak, menurut CR Nurdin, sebanyak 71.111. sedangkan syarat minimal dukungan agar calon bupati perseorangan bisa maju dipulbup Lebak, minimal memiliki  jumlah KTP pendukung sebanyak 7.233 dukungan.

“Masa pendaftaran calon perseorangan sudah selesai, tahapan berikutnya petifikasi faktual langsung kepada masyarakat,” terang CR Nurdin.(Ki/A1)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...