Perwakilan Nelayan Bayah, Minta Kolaqi Transparan Bantuan dari PT. Cemindo

2761 views

Nelayan di Pulau Manuk Desa Darmasari Kecamatan Bayah

LEBAK, BANTENDAY.com – Himpunan Nelayan Bayah ( HMB) mengeluhkan tidak adanya transparansi bantuan PT. Cemindo Gemilang kepada ratusan Nelayan yang  dikelola melalui Koperasi Nelayan Laut Qidul (Kolaqi).

” Tadinya Kolaqi itu kan untuk kepentingan dan hak nelayan setelah adanya pabrik semen di Bayah, sehingga ada perjaanjian antara nelayan melalui Kolaqi dengan PT.Cimindo bahwa pihak perusahan memberikan bantuan peralatan seperti jaring dan lain-lain, selain itu nelayan juga bisa bekerja dalam bongkar muat, ” ungkap Darto seorang perwakilan nelayan Bayah, kepada bantenday.com, di Rangkabsitung, (12/10/2016).

Namun pada perjalannya kata dia, bukan nelayan Bayah yang berjumlah sekitar 200 orang itu yang sejahtera melainkan hanya segelintir orang yang menjadi pengurus Kolaqi. Hal itu kata dia, dapat dilihat dari perbedaan upah nelayan yang dipekerjakan dengan dengan honor pengurus Kolaqi.

” Nelayan yang dipekerjakan itu hanya diberi upah Rp 2, 5 juta perbulan, sementara pengurus Kolaqi yang bukan nelayan ada yang samapai Rp12 juta, ini sebenarnya untuk kesejahtraan nelayan atau hanya menguntungkan segelintir orang?,” keluhnya.

Selain itu kata Darto, pengurus Kolaqi dinilai tidak transparan dalam hal pengajuan bantuan peralatan nelayan mencari ikan di laut.

” Jadi kalau tidak terbuka wajar dong curiga, harusnya terbuka pada nelayan apa saja bantuan yang didapat, jangan sampai mengajukan ini itu, ternyata nelayaan hanya diatasnamakan saja, yang mengabil keuntungan justru bukan nelayan,” tukasnya.( AB/A1)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...