Perkokoh Eksistensi Organisasi, Kwarcab Lebak Gelar Diklat Sismitir

256 views

Ketua Kwiartir Cabang Gerakan Pramuka Lebak ,  Ade Sumardi waktu membuka Pendidikan dan Pelatihan Sistem Admisintrasi Kwartir (Diklat Simintir), di Balai Pelatihan Koperasi dan UMKM Dinas Koperasi Provinsi Banten, Pasir Ona, Rangkasbitung,  Jumat (03/02/2017)./ist


LEBAK,BANTENDAY.com- Revitalisasi Gerakan Pramuka adalah pemberdayaan pramuka yang dilakukan secara sistematis, berkelanjutan serta terencana guna memperkokoh eksistensi organisasi dan lebih meningkatkan peran, fungsi dan tugas pokok Gerakan Pramuka. Hal tersebut di Jelaskan wakil Bupati Lebak selaku Ketua Kwiartir Cabang Gerakan Pramuka Lebak ,  Ade Sumardi waktu membuka Pendidikan dan Pelatihan Sistem Admisintrasi Kwartir (Diklat Simintir), di Balai Pelatihan Koperasi dan UMKM Dinas Koperasi Provinsi Banten, Pasir Ona, Rangkasbitung,  Jumat (03/02/2017).

Menurut Ade, revitalisasi gerakan pramuka tidak dapat berhasil tanpa kerja keras, kerja cerdas dan ikhlas serta adanya dukungan dari seluruh komponen Gerakan Pramuka di seluruh jajaran kwartir. Oleh karena itu, Ade menganjurkan agar para pembina, pelatih pembina, andalan, dan anggota majelis pembimbing untuk mempelajari dan memahami petunjuk penyelenggaraan ini, serta menerapkannya sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing.

Ade juga mengajak seluruh jajaran kwartir untukmemperkuat gerakan pramuka, karena hal itu merupakan wadah pembentukan karakter bangsa. Menurutnya, bagi generasi muda pembentukan karakter bangsa amat penting dan menentukan nasib bangsa di masa depan.

“Hanya bangsa yang memiliki mental kepribadian yang kuat, bersemangat, ulet, pantang menyerah, disiplin, inovatif dan bekerja keraslah yang dapat mendorong kemajuan dan keberhasilan,” ujarnya.

Kata Ade, Hari ini dan masa depan memerlukan kerja keras dan kerja cerdas dari seluruh komponen bangsa. Gerakan Pramuka hendaknya menjadi pelopor membudayakan diri, senang bekerja keras secara cerdas dan ikhlas, bangun nilai, sikap dan perilaku ini sejak dini melalui beragam kegiatan Gerakan Pramuka.

Ade juga menghimbai agar seluruh jajarannya senantiasa mengajak kaum muda untuk meningkatkan semangat bela negara, mengutamakan program dan kegiatan untuk meningkatkan semangat patriotisme dalam membela kepentingan bangsa.

“Kaum muda haruslah menjadi agen dan pelopor perubahan, negeri ini akan menjadi maju dan sejahtera apabila pembangunan dapat terlaksana dengan baik. Kenalkan dan libatkan kaum muda dalam kegiatan yang mengarah dan menjadi bagian dalam pembangunan nasional melalui karya-karya yang nyata,” pungkasnya.

Sementara itu ketua pelaksana kegiatan, Unang Sunarnya mengatakan sebagai suatu organisasi yang besar, gerakan pramuka harus memiliki tata cara kerja yang tertib dan teratur, sebagai landasan dan pedoman untuk menentukan kebijakan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian dalam menentukan tindakan-tindakan selanjutnya.

Untuk itu dalam kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 3-4 Pebruari 2017 ini untuk mensosialiasikan Sismitir kepada seluruh peserta, Menurutnya gerakan pramuka di Kabupaten Lebak perlu ditata dan dipelihara, terutama terkait tugas pokok dan fungsinya dalam menentukan batas-batas ruang lingkup tugas dan wewenang.

Kata Unang, tujuannya adalah untuk mengatur, menertibkan, dan memperlancar penyelenggaraan administrasi kwartir di lingkungan Gerakan Pramuka Lebak dan memberikan dasar-dasar yang sama sebagai pedoman penyelenggaraan administrasi kwartir, agar tercipta keseragaman dalam tata cara pengendalian dan terlaksananya pembinaan administrasi yang baik, tertib, teratur, dan terarah di lingkungan Kwartcab Gerakan Pramuka Lebak.

“Penyelenggaraan Sistem Administrasi Kwartir ini untuk memberikan pedoman kepada pelaksana administrasi kwartir gerakan pramuka, agar dalam menunaikan tugas masing-masing agar dapat dicapai adanya dasar pengertian dan tata cara penyelenggaraan yang sama,” pungkasnya. (ADH)

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Penulis: 
author

Isi dengan Komentar anda...