Pengelolaan Keuangan dan Administrasi Desa di Lebak Masih Semraut

404 views

Expose hasil visitasi Kepemimpinan Nasional peserta Diklatpim II Kemenhumkam RI di Aula Multatuli Sekretariat Daerah, Kamis (14/9/2017).

LEBAK, BANTENDAY.com- Pengelolaan keuangan dan  administrasi perencanaan desa, di Lebak masih semraut. Begitu juga dengan pemahaman hukum yang masih terbatas, terutama dalam pembentukan Peraturan Desa (Perdes), perlindungan anak, bantuan hukum, agraria, kesehatan, pendidikan dan keternagakerjaan. Hal itu diungkap Jusman, saat expose hasil visitasi Kepemimpinan Nasional peserta Diklatpim II Kemenhumkam RI di Aula Multatuli Sekretariat Daerah, Kamis (14/9/2017).

Menurutya, kreatifitas masyarakat desa dalam mengelola sumberdaya alam guna meningkatkan pendapatan ekonomi juga masih terbatas.

“Ha itu merupakan permasalahan yang dihadapi Pemkab Lebak,” ungkap Jusman, 

Jusman menjelaskan, kegiatan Visitasi tersebut telah berlangsung dari 12 – 13 September 2017, dengan mengunjungi dua desa di kecamatan Kalanganyar yaitu Desa Kalanganyar dan Sangiang Tanjung. 

“Adapun kegiatannya berupa dialog langsung dengan aparat desa, sarasehan dengan masyarakat dan peninjauan lapangan untuk mengumpulkan data-data desa,” ujarnya.

Dalam pemaparannya, Jusman mengatakan, ada beberapa konsep perubahan yang direkomendasikan kepada Pemkab Lebak. Konsep itu diantaranya, meningkatkan kapasitas aparat desa dan masyarakat dalam pengelolaan administrasi perencanaan dan pengelolaan keuangan desa. 

Selian itu, pembentukan peraturan desa dan meningkatkan pemahaman masyarakat terkait permasalahan-permasalahan itu.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Bupati Lebak, Ade Sumardi mengatakan, Pemkab Lebak akan segera melakukan tindakan yang dianggap perlu dalam upaya penyelesaian masalah yang ada di daerah.

“Kami berharap hasil visitasi ini dapat diimplementasikan sehingga dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan masyarakat desa,” kata Ade (RAS)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...