Penetapan Calon Walikota Serang Dijaga Ketat Polisi

178 views

SERANG, BANTENDAY.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Serang melakukan rapat pleno penyerahan berita acara hasil penelitian syarat calon dan pencalonan dalam pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Serang tahun 2018 sekaligus menetapkan pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Serang di salah satu hotel di Kota Serang, Senin (12/02/18).

Pantauan Bantenday.com nampak ratusan polisi berjaga-jaga di gerbang hotel tempat penetapan calon walikota tersebut. Selain itu, seluruh peserta yang hadir diperiksa dengan ketat. Kapolres Serang Kota, AKBP. Komarudin mengatakan bahwa penjagaan ketat tersebut merupakan bagian dari standar operasional prosedur (SOP) yang sudah ditetapkan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

“Untuk kegiatan keseluruhan hari ini dan besok kita sudah sudah melaksanakan kegiatan atau konsep pengamanan sesuai dengan SOP pengamanan yang kita siapkan,” kata Komarudin.

Hal tersebut dilakukan untuk menjaga rangkaian agenda dari pesta demokrasi di Kota Serang tersebut berjalan dengan lancar tanpa hambatan apapun. Oleh karena itu ratusan personel dari Polri dan TNI diturunkan untuk mengamankan acara tersebut.

“Pada hari ini yang kita terjunkan seluruh personel 427 personel. Kita turunkan gabungan dari TNI dan Polri. Dari Polri sendiri gabungan dari Polda, Brimob Polda dan Dit Sabhara Polda.” ungkap Kapolres Serang Kota AKBP Komarudin.

Bahkan pihak kepolisian menyiapkan penjinak bom (Jibom) untuk berjaga-jaga.

“Ada (Jibom), itu sudah merupakan bagian dari SOP pengamanan. Kita mengantisipasi berbagai kemungkinan yang terjadi. Bukannya overestimate, tapi kami tidak boleh underestimate,” kata Komar.

“Apa yang kita lakukan semata-mata untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan atau tahapan pilkada bisa berjalan sesuai dengan apa yang kita harapkan bersama. Dari KPU mengizinkan masing-masing pasangan calon membawa masa pendukung, itu yang kita antisipasi. Jangan sampai antara masa pendukung ini ada gesekan dan sebagainya, ini yang perlu kita antisipasi,” paparnya.

Selain itu, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, pihak Kepolisian sebelumnya sudah melakukan koordinasi dengan masing-masing pihak pasangan calon agar bisa menjaga kondusifitas di setiap tahapan pilkada.

“Beberapa kali kita sudah lakukan rapat koordinasi dengan para LO (Liaison Officer/ Tim Penghubung) untuk menghimbau bahwa ini pesta rakyat Serang, jadi tidak boleh ada satupun yang coba-coba mencederai, yang coba-coba mengganggu atau mengotori proses jalannya pilkada Kota Serang,” paparnya dengan tegas.

Dalam rapat pleno tersebut, Komisioner KPU Kota Serang membacakan hasil penelitian dokumen persyaratan calon Walikota dan calon Wakil Walikota Serang. Dari hasil penelitian KPU Kota Serang, 3 pasangan calon yaitu pasangan Samsul-Rohman, Pasangan Vera-Nurhasan, dan Syafrudin-Subadri, seluruh dokumen pencalonannya dinyatakan lengkap dan memenuhi syarat. Sementara untuk pasangan Agus-Samsul dinyatakan tidak memenuhi syarat.

Setelah membacakan berita acara hasil penelitian kelengkapan dokumen, KPU Kota Serang kemudian menyerahkan berita acara hasil penelitian kelengkapan dokumen kepada masing-masing pasangan calon Walikota. (OR)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Author: 
author

Comments are closed.