Pemkot Cilegon Berharap Budaya Lokal Tidak Punah

3850 views
image

Para seniman Kota Cilegon, saat menampilkan kesenian komedi khas Banten, Ubrug pada pembukaan Jadoel Fest

Bantenday.com, CILEGON – Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Cilegon, selenggarakan festival yang menyajikan keadaan kampung dan barang jaman dahulu dengan tema Jadoel Fest yang diselenggarakan di komplek Cilegon Green Water Park, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon, Provinsi Banten, pada hari Sabtu 23 April 2016.

Pada festival tersebut dibuka dengan menampilkan hiburan komedi khas Banten, Ubrug. Agar mengingatkan kembali pada kehidupan jaman dahulu dan melestarikan budaya, seluruh stand didesain ala kampung dengan menampilkan koleksi barang-barang kuno, mobil klasik, sepeda ontel, serta beragam kuliner tradisional.

Wakil Walikota Cilegon, Edi Aryadi mengatakan, dirinya berharap agar budaya Cilegon tidak punah tergerus oleh perkembangan zaman.

“Dengan adanya festival ini semoga dapat melestarikan budaya Cilegon,” ujarnya.

Sementara Seniman dan Budayawan Kota Cilegon, Yai Uyat mengatakan, kesenian ubrug hingga kini masih lestari. Namun, hiburan komedi rakyat sekarang ini semakin kurang diketahui oleh generasi muda saat ini.

“Banyak khas Cilegon yang hampir punah seperti halnya permainan anak-anak dolanan, gobag sodor dan bentengan. Saya berharap festival seperti ini tidak berhenti sampai di sini saja,” harapnya.(dhe/3)

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...