Pemkab Lebak Diminta Fasilitasi Produk Cocopeat Siswa SMK MD Kehutanan

4568 views

Produk Cocopeat SMK Kehutanan Lebak ( bantenday.com)


LEBAK, BANTENDAY.com – SMK Muhammadiyah Jurusan Kehutanan Lebak, telah berhasil memproduksi pupuk dan media tanam Cocopeat. Produksi Cocopaet  siswa sekolah kejuruan itu bekerjasama dengan pendamping desa dan komunitas Macing.

Penggiat Kreatifitas Desa, Wandi S Assayid berharap  pemerintah setempat membantu memfasilitasi uji lab dan pemasaran produk media tanam Cocopeat, hasil karya siswa SMK jurusan Kehutanan.

” Saya berharap produksi Cocopeat atau serbuk sabut kelapa adalah sabut kelapa yang sudah digiling halus, ini bisa dibantu  dan difasilitasi mengenai uji lab dan pemasarannya,” katanya, Kamis 18 Agustus 2016.

Kata dia, Cocopeat yang dijual karungan atau tanpa merk biasanya dibuat tanpa menghilangkan racun tanin yang terkandung dalam sabut kelapa. Racun tanin ini tidak diperlukan sama sekali dalam pertanian hidroponik bahkan menjadi zat pengganggu pertumbuhan tanaman.

Untuk menghilangkan racun tanin sebetulnya cukup mudah. Masukkan cocopeat kedalam karung dimana air bisa bebas masuk dan keluar. Isi 3/4 karung atau kurang dan ikat ujungnya hingga cocopeat tidak terlalu padat dan mudah tercampur air. Rendamlah karung cocopeat di dalam air mengalir, tidak perlu mengalir deras, cukup atur kran dari air menetes hingga mengalir pelan selama beberapa selama hari. Sering2lah menekan atau membalik karung tersebut sehingga air di dalam karung berganti dengan air bersih. Apabila air sudah titak berwara merah lagi (jernih), angkat cocopeat dan jemur di terik matahari. Setelah kering cocopeat siap dipakai.

Kata dia, Cocopeat yaitu sabut kelapa yang diolah menjadi butiran-butiran gabus sabut kelapa. Cocopeat dapat menahan kandungan air dan unsur kimia pupuk serta dapat menetralkan keasaman tanah. Karena sifat tersebut, sehingga Cocopeat dapat digunakan sebagai media yang baik untuk pertumbuhan tanaman hortikultura dan media tanaman lainya.

Cocopeat diperkirakan akan menjadi alternatif dunia bagi peningkatan kesuburan tanah, sebab bila dicampurkan dengan tanah berpasir hasil tanam pun menabjubkan. Hanya saja unsur hara tanah tidak tersedia dalam cocopeat untuk itu pupuk masih sangat dibutuhkan.

” Cocok buat pembibitan, perkebunan, pertanian bahkan untuk tanaman anthurium. Kelebihan sekam dan serbuk gergaji meningkatkan sirkulasi udara dan sinar matahari ada pada cocopeat,” katanya. ( sep/a1)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...