Pemda Lebak – Kodim 0603 Buka Akses Jalan Baru Citorek – Cibedug

4196 views
image

Ist

bantenday.com — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak  melakukan pembangunan sarana infrastruktur jalan  sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan program unggulannya mulai terlihat. Untuk menunjang program unggulannya yaitu Lebak Sehat, Lebak Cerdas, dan Lebak Sejahtera.

Pemkab Lebak bekerja sama dengan Kodim 0603 Lebak, melalui program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) membuka akses terisolir masyarakat Kampung Cibedug, Desa Citorek Barat, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak.

Dalam program tersebut rencananya Pemkab Lebak melalui Dinas Bina Marga (DBM) Lebak, akan membangun jalan yang menghubungkan dua Kecamatan yaitu, antara Kecamatan Cibeber dan Kecamatan Sobang, tepatnya Kampung Cibedug dan Kampung Sigoyot, Kecamatan Sobang, sepanjang 9,3 kilometer.

image

Irvan Suyatupika, Kepala Bidang Perencanaan Dinas Bina Marga (DBM) Lebak mengatakan,  selama ini akses tersebut hampir tidak bisa dilewati oleh kendaraan roda dua apalagi saat musim penghujan. Untuk itulah tahun ini Pemkab Lebak akan membuka akses jalan, agar masyarakat yang ada didaerah tersebut tidak terisolir.

“Kami sudah perkirakan, ketika kita akan membuka jalan tersebut mobilisasi hanya satu akses lokasi masuk melalui perkampungan Cinakem, mengingat lokasi pekerjaannya merupakan daerah pegunungan dan melintasi hutan lindung gunung halimun salak sepanjang 265 kilometer,” kata Irvan, diruang kerjanya pada Jum’at, 1 April 2016.

image

Ist

Menurut Irvan, pada perencanaan teknis pekerjaan utama, pihaknya akan membuka jalan utama sepanjang 9,322 kilometer dengan lebar 7 meter. Dan melakukan perkerasan badan jalan konstruksi telford sepanjang 8 kilometer dengan lebar 3 meter.

“Dari pekerjaan teknis pada pekerjaan utama, kita akan melakukan pekerjaan pendukung seperti, pekerjaan plat duickeur 6 lokasi, pekerjaan gorong-gorong 8 lokasi, pekerjaan tembok penahan tanah sepanjang 600 meter dan pekerjaan bronjong sepanjang 50 meter, yang akan menyerap anggaran sebesar Rp 2,8 miliar, sumber anggaran dari APBD Kabupaten Lebak,” ungkapnya.

Dari seluruh rencana kegiatan kata Irvan, diharapkan sinergitas antara DBM dengan Kodim 0603, bisa mewujudkan apa yang telah di rencanakan oleh Pemerintah Kabupaten Lebak sehingga dampaknya bisa langsung dirasakan oleh masyarakat.

“Saya optimis, kerjasama antara DBM dan pihak TNI khususnya Kodim 0603 Lebak bisa berjalan lancar, mengingat dalam program TMMD ini kami saling mengisi. Untuk teknis pembangunan itu bagian pekerjaan kami, sedangkan untuk membuka jalan dihutan merekalah (TNI-red) ahlinya,” terangnya.

Untuk itu kata Irvan menambahkan, ketika program TMMD ini telah terwujud. Apa yang telah menjadi program unggulan pemerintah daerah Kabupaten Lebak, yaitu Lebak Sehat, Lebak Cerdas dan Lebak Sejahtera, akan segera bisa tercapai.(adv)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Penulis: 
author

Isi dengan Komentar anda...