Pembangunan Proyek Penataan Ruang Terbuka Hijau Dengung Disoal

5192 views
image

Pelaksanaan proyek penataan ruang terbuka hijau TPSA Dengung, Kecamatan Maja (bantenday.com).

LEBAK, BANTENDAY.com- Pembangunan proyek penataan ruang terbuka hijau yang berlokasi di Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Kampung Dengung, Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak, dipertanyakan. Pasalnya, kegiatan yang merupakan salah satu syarat penilaian adipura tersebut dalam papan informasi proyeknya tidak dicantumkan masa kerja kegiatan, nomor kontrak antara Badan Lingkungan Hidup (BLH) dengan pihak kontraktor serta tidak adanya konsultan penyedia.

            Selain itu, pada pemasangan pagar disekitar lokasi kegiatan tidak dilakukan pemondasian yang layak. Sehingga, dikhawatirkan umur fisiknya tidak akan bertahan lama, dan pada akhirnya kegiatan yang menghabiskan anggaran sebesar Rp 193.000.000 bisa mubazir karena tidak dapat dipergunakan dan manfaatnya tidak dirasakan sama sekali.

            “Saya telah melakukan pengecekan pada pondasinya, dan sepertinya tidak memasang pondasi yang layak. Karena saat saya tusuk pakai kayu, bawahnya tembus ke tanah. Ada apakah ini? mungkin ketidak tahuan kami kepada masalah teknis bangunan atau gimana,” kata Iwan Kurniawan,  pemuda setempat yang juga ketua Divisi Investigasi pada organisasi kemasyarakatan Laskar Merah Putih, kepada wartawan di lokasi kegiatan.

            Dikatakan Iwan, sejauh ini, pihaknya telah mempertanyakan kepada pihak Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Lebak terkait persoalan yang terjadi dilapangan. Akan tetapi sampai saat ini BLH belum merespon sama sekali terkait adanya persoalan yang terjadi dilapangan. Karena saat ditanyakan kepada salah satu pejabat di BLH melalui sambungan telepon tidak pernah digubris.

            Sementara itu Pepi,  Direktur CV Karya Siffa Putra Pratama, selaku pihak yang mengerjakan kegiatan kepada wartawan menjelaskan. Untuk persoalan pemasangan pondasi di lokasi kegiatan memang tidak dilakukannya. Karena pada lokasi tersebut tidak memiliki beban yang kuat, dan hanya dilakukan pemasangan selup gantung pada setiap radius 2,50 meter, seperti   yang tertuang dalam rencana anggaran biaya (RAB) kegiatan penataan ruang terbuka hijau. Sedangkan untuk waktu pelaksanaanya, dirinya menjelaskan diharuskan selesai sekitar 90 hari masa kerja.

            “Dalam RAB nya hanya dilakukan pemasangan selup gantung saja dalam radius 2.50 meter. Jadi kami tidak melakukan pemondasian, karena selain tidak memiliki beban yang berat, kami juga tidak mau mengerjakan kegiatan yang tidak termaktub dalam RAB yang ada,” katanya.(suhada/a3)

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Dengung Disoal Pembangunan Proyek Penataan Ruang Terbuka Hijau

Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...