PDAM Tirta Kerta Raharja Kabupaten Tangerang, Jadi Tujuan Study Banding dan Pusat Percontohan 

3796 views

​ 

Direktur Utama PDAM Tirta Kerta Raharja Rusdy Machmud

TANGERANG, BANTENDAY.com- Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Kerta Raharja Kabupaten Tangerang, kembali menjadi  tujuan studi banding pada bulan ini. Sebelumnya dilakukan oleh DPRD Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah dan Perusahaan  Daerah Air Minum Tirta Mayang Kota Jambi , Selasa ( 22/8/2016)


Rombongan di terima langsung Direktur Utama PDAM Tirta Kerta Raharja Rusdy Machmud bersama para Kepala Satuan di lingkungan PDAM TKR Kabupaten Tangerang.  


Pengelolaan PDAM di Kabupaten Tangerang menjadi pusat Perhatian PDAM di Indonesia, untuk melakukan Studi Banding  dari PDAM, Pemerintah Daerah, DPRD, lembaga pendidikan mulai dari tingkatan SD, SMP, SMU sampai Perguruan Tinggi atau Universitas bahkan Institusi Internasional.


Dalam  Studi banding dari daerah lain atau
pelajar  dalam bulan ini dimaksudkan untuk mempelajari prihal penanaman modal daerah yang dilakukan oleh pemerintah
Daerah Kabupaten Tangerang.




Menurut Dirut PDAM TKR Kabupaten Tangerang Rusdy Machmud mengatakan  bahwa penanaman modal daerah ini, telah lama dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang dalam hal penyediaan air minum khusus bagi masyarakat berpenghasilan rendah yang berada
di sekitar Kabupaten Tangerang yang krisis air bersih.


 Program MBR ini berhasil direalisasikan oleh PDAM TKR di beberapa kecamatan seperti Mauk, Rajeg, Kresek, Cisauk dan lainnya dengan jumlah MBR yang terlayani sebanyak 5.000 sambungan langganan.



Pencapaian MBR ini sebagai salah satu komitmen  PDAM TKR dalam mendukung program RJPMD Kabupaten Tangerang yang telah mencanangkan ketersediaan air bersih bagi wilayah yang mengalami kendala atau krisis air bersih.



Sementara di tempat terpisah, PDAM Tirta Mayang Kota Jambi melakukan studi banding bidang manajemen kepegawaian dan IT yang diterima oleh para Kepala Bagian terkait. Perhatian dan sistem penilaian kinerja terhadap SDM yang diperlihatkan PDAM TKR cukup menarik perhatian PDAM Kota Jambi. 


Sementara di sisi pelayanan terbaik terhadap pelangganpun terus diupayakan dengan dukungan kemudahan akses pencatatan meter pelanggan dan
pembayaran rekening air dengan bantuan IT.




PDAM TKR memang cukup menarik banyak perhatian pihak lain untuk berkunjung dan melihat langsung bentuk pengelolaan perusahaan air minum. Sebut saja Bupati Nias Barat, DPRD dan beberapa PDAM dari wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, NusaTenggara Barat, Ternate, Kedutaan Besar Swedia, Kedutaan Besar Belanda, Institut Teknologi Indonesia, Surya University bahkan Guru Besar dan mahasiswa pasca sarjana dari
TU Delft Belanda pernah berkunjung.




Hal ini tentu saja tidak terlepas dari pengalaman PDAM TKR yang mampu melepaskan diri dari kondisi masa lalu yang merugi hingga saat ini menjelma menjadi salah satu PDAM besar di Indonesia. 


Hal lainnya dikarenakan kelengkapan fasilitas yang dimiliki seperti Instalasi Pengolahan Air mulai dari konvensional sampai berteknologi tinggi, pengelolaan jaringan perpipaan, manajemen SDM, penerapan teknologi informasi sampai hal yang berkaitan dengan aspek hukum dan manajerial seperti kerjasama dengan pihak
swasta dalam pelayanan air minum yang memiliki berbagai pola kerjasama.
Sehingga semua ini bisa dijadikan kajian atau perbandingan oleh mereka yang
melakukan kunjungan studi.




Bahkan Balai Diklat Kementeriaan Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah menunjuk PDAM TKR sebagai lokasi studi lapangan bagi peserta Diklat yang dikelolanya. Rusdy Machmud mengatakan, menjadi pusat percontohan merupakan kepercayaan dan penghargaan tersendiri bagi kami, namun sekaligus menjadi beban moril untuk selalu berada pada performa perusahaan yang baik.



“Untuk itu kami terus berupaya mempertahankan kondisi ini bahkan berupaya meningkatkannya agar lebih lebih maju dan lebih professional. Semuanya dapat terwujud jika terjadisinergi antar semua pihak, baik Pemerintah Kabupaten Tangerang, Dewan Pengawas, Direksi, Pegawai dan juga masyarakat ” tambahnya
.(Humas PDAM TKR Kabupaten Tangerang)




Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...