Nasib Pengrajin Kalimaya Tak Seindah Kilauan Warna Batu Asli Lebak Itu

1806 views
image

seorang pengrajin yang sudah berhenti berjualan batu, masih menyimpan batu kalimaya

Bantenday.com, – Lebak, Pesona batu permata kalimaya yang sempat booming beberapa waktu lalu kini sepi peminat. hal ini terlihat dari sepinya pembeli disejumlah pedagang kalimaya dikawasan Kecamatan Sajira yang dikenal sebagai salah satu sentra penambangan batu kalimaya di Kabupaten Lebak, Banten

“Ya biasanya dulu disaat ramai batu kalimaya pada beberapa bulan kebelakang, saya memiliki omzet hingga jutaan rupiah, namun kini pengen jual batu yang harganya puluhan ribupun susah pembeli,” ujar Ayung (45) salah satu penjual kalimaya di Sajira , kamis malam (14/4/2016), saat bincang-bincang dengan warga lainnya.

Kata dia disaat mulai sepinya pembeli banyak penjual kalimaya yang banting stir beralih profesi.

” Ada yang beralih jadi tukang buah-buahan dan ada pula yang beralih ke pekerjaan yang semula seperti perbengkelan, ditambah saat ini batu tersebut sulit didapat dan harganya mahal,” katanya.

Senada dikatakan, Iyan pedagang buah-buahan eks penjual kalimaya bahwa bahwa saat ini sepi pembeli ” Harganya mahal, ‘hayang ngajual kalimaya anu 50 rebu geh hese’ (mau jual batu kalimaya yang 50 rebu aja sulit-red),” ujarnya.

Mudah-mudahan tambah Iyan batu kalimaya berkilau lagi seperti warnanya booming lagi sehingga akan dapat mengangkat perekonomian warga setempat

“Pokokna mun rame dei urang geh rek jadi padagang kalimaya dei ( pokonya kalau ramai lagi, saya juga mau jadi pedagang lagi, red),”harapnya (khoy/a1).

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Penulis: 
author

Isi dengan Komentar anda...