Minimalisir TKI Ilegal, Lebak Siapkan Kantor PTSP

478 views

Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya/ ist

LEBAK,BANTENDAY.com- Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya mengakui, masih banyak warga Lebak  tidak terserap dengan lapangan kerja di dalam negeri. Sehingga calon tenaga kerja, terpaksa harus mencari pekerjaan di luar negeri. 

“Namun proses pencarian lapangan pekerjaan di luar negeri tersebut, masih banyak ditemukan kendala seperti salah satunya pelayanan imigrasi,” ungkap Iti Octavia saat rapat persiapan pembukaan Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Dinas Ketenagakerja TransmigrasiLebak, di Aula Multatuli Setda Lebak, Selasa Selasa (26/9).

Dijelaskan Iti, tidak maksimalnya pelayanan dokumen Tendag Kerja Indonesia (TKI) berujung pada banyaknya TKI ilegal; sehingga mendorong pemerintah untuk meningkatkan pelayanan pengurusan imigrasi dan ketenagakerjaan. 

“Pembangunan pelayanan tersebut penting untuk memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan pembuatan dokumen-dokumen imigrasi, ketenagakerjaan, dan dokumen-dokumen terkait,” katanya.

Menurut Iti,  Layanan terpadu satu pintu bertujuan untuk pelayanan masyarakat yang prima dan untuk meminimalisir TKI ilegal, untuk itu pihaknya berterimakasih kepada Pemerintah Pusat karena telah memilih Kabupaten Lebak sebagai sasaran untuk membangun pusat perizinan untuk TKI di Kabupaten Lebak.

“Ini suatu harapan baru bagi kami dimana Kabupaten Lebak masih masih dalam kategori kabupaten yang tertinggal dan juga masih banyak masyarakatnya yang menjadi TKI di luar negeri, dengan dibangunnya layanan terpadu satu pintu ini upaya kita untuk meminimalisir TKI ilegal akan lebih optimal,” ujarnya.

Direktur Kerjasama dan Verifikasi BNPT2TKI Haposan Saragi, menyampaikan bahwa pembangunan layanan terpadu satu pintu merupakan program pemerintah dimana akan dilaksanakan di beberapa daerah, salah satunya di Lebak yang akan rencananya akan dibangun tahun ini. 

“Layanan terpadu memungkinkan masyarakat untuk membuat dokumen-dokumen imigrasi, ketenagakerjaan, dan dokumen terkait, hingga pemeriksaan kesehatan calon TKI pun dapat dilakukan di tempat tersebut dengan efisien,” ucapnya.( A1)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...