Meski Tanpa Bantuan Pemerintah, Jembatan di Kalanganyar Akhirnya Rampung Juga

2805 views

image

Peresmian jembatan (bantenday.com)

LEBAK, BANTENDAY.com – Meski tanpa kepedulian dan bantuan Pemerintah Kabupaten Lebak, semangat sosial dan kepedulian serta gotong royong masyarakat Kampung Gorojog, Desa Pasir Kupa, Kecamatan Kalanganyar, Lebak cukup tinggi dan tetap semangat. Hal itu dibuktikan dengan telah berhasil dibangunnya jembatan penghubung kampung Gorojog dengan Parakan ( Gorokan), desa setempat tanpa dibantu Pemkab setempat. Camat setempat tidak hadir dalam acara syukuran jembatan tersebut yang hanya diwalili Sekmat setempat.

” Hari minggu kami menggelar syukuran tanda telah selesainya pembangunan jembatan hasil swadaya masyarakat setempat  dengan abggaran sekitar Rp 20 jutaan. Kami merasa bersyukur sekalipun tanpa adanya bantuan dana dari pemerintah daerah, tapi Alhamdulillah pembangunan jembatan ini selesai ” ujar Ibih ketua RW 06, Kampung Gorojog, Desa Pasir Kupa, Kecamatan Kalanganyar, di sela- sela tasyakuran jembatan Gorokan, Minggu (5/6/2016).

Jembatan Gorokan ini , kata Ibih telah setahun lebih tidak bisa di lalui kendaraan roda empat, karena amblas. Padahal, sambung Ibih, pihaknya telah melaporkan ke pihak Desa,  Kecamatan dan  Kabupaten setempat, namun tidak ada respon yang menggembirakan.

” Ya, kami akhirnya memutuskan untuk membangun secara swadaya, karena jembatan ini sangat dibutuhkan oleh ribuan warga dari desa Karyajaya,Cimarga, Cilangkan dan Pasir Kupa, Kalanganyar menuju Rangkasbitung yang jaraknya hanya sekitar 3 km ke pusat pemerintahan Kabupaten Lebak ini ” Katanya.

Meski demikian, kata Ibih, pihaknya tepat berharap pemerintah kabupaten mau membantu masyarakat kampung Gorojog dan sekitar untuk segera membangun jalanya. Sebab jalan poros desa Pasir Kupa kampung Gorojog ini, kondisinya rusak berat dan sangat mendesak untuk segera mendapat perbaikan.

” Jembatanya dah bagus, tapi jalannya parah masih rusak berat, dan perlu mendapat perbaikan secepatnya. Karena itu kami minta pemerintah kabupaten untuk segera membangun jalan tersebut ”  katanya.

Kades Pasir Kupa Zaenal Abidin mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi bentuk kebersamaan warga kampung Gorojog dalam membangun jembatan yang ambrol itu. Untuk sementara, kata Abidin, pihak desa belum bisa berbuat banyak, karena tidak ada atau dialokasikan dari anggaran dana desa. Namun demikian ,secara pribadi sambung Abidin pihaknya terpaksa harus mengorbankan dana untuk pembelian seragam dirinya.

” karena tak punya dana, saya terpaksa memberikan bantuan alakadarnya untuk pembangunan jembatan tersebut. Itupun mebgorbankan anggaran untuk seragam saya . Tapi itu tidak ada masalah yang terpenting untuk kepentingan masyarakat ” Katanya.

Sementara itu, Sekmat Kalanganyar, Heri Mulyadi mengatakan, pihaknya juga sangat mengapresiasi upaya masyarakat kampung Gorojog, Desa Pasir Kupa ini, Sekalipun tanpa adanya bantuan dari pemerintah , masyarakat tetap mampu dan bisa membangun jembatan tersebut.

” Bukan pemerintah tidak mau membantu, tapi karena pemerintah kabupaten anggarannya  terbatas dan ada skala prioritas. Jadi harus bisa dimaklumi juga ” kilahnya.

Tasyakuran jembatan ini dilakukan pengguntingan pita oleh Sekmat Kalanganyar, Heri Mulyadi, dan diisi oleh tausiyah dari KH Baim Jalaludin. Dan dihadiri oleh tokoh ulama, pemuda dan masyarakat kampung Gorojog dan Parakan Desa Pasir Kupa, Kecamatan Kalanganyar, Lebak. ( Ris/A1)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Akhirnya Bantuan di Kalanganyar Jembatan Juga Meski Pemerintah Rampung Tanpa

Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...