Memperingati Hari Agraria ke- 57 Aktivis Desak BPN Lebak Hentikan Alih Fungsi Lahan

776 views

Ilustrasi (Foto : Net)

 

LEBAK, BANTENDAY.com – Memperingati hari Agraria Nasional ke-57 Aktivis Desak Pemerintah dalam hal ini Badan Pertanahan Nasional (BPN) Lebak  untuk menghentikan alih fungsi lahan sehingga memudahkan petani dalam memperoleh modal dari pemerintah.

Undang –undang Pokok Aagraria (UU PA) dengan jelas mengatur garis-garis besar agraria Indonesia, sesuai pasal 33 ayat 3 UUD 1945, yang ditafsirkan sebagai demokrasi ekonomi. Tapi sampai saat ini Pemerintah tidak serius bahkan selalu menjadi tameng para pemilik modal, akibatnya lahan pertanian terus menyempit.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Presidium Front Aktivis Rakyat Banten (Fakrab) Hendayana Musalef menurutnya, UU PA merupakan cerminan dari cita-cita sosial Indonesia yang memberikan keadilan bagi petani untuk memiliki hak atas kepemilikan tanah. “Peraturan itu juga membatasi kepentingan pihak yang dapat menjadi masalah bagi agraria,” kata Musalef Minggu (24/9/2017).

Ia juga mendesak pemerintah untuk mewujudkan reforma agraria yang sejati, meningkatkan subsidi terhadap petani yang benar- benar petani bukan kepada golongan elit petani.

“Pemerintah harus segera menghentikan alih fungsi lahan, memudahkan petani memperoleh modal dan pemerintah harus segera menyelesaikan konflik- konflik agraria yang terjadi,” tegasnya. (LNH)

 

 

 

 

 

Penulis  : Tim Bantenday.com

Editor    : Lukmanul Hakim

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Author: 
author

Isi dengan Komentar anda...