Masyarakat Tangsel Lega Sistem Zonasi Dapat di Akomodir

533 views

Suasana SMPN Pamulang Tangerang Selatan ( Foto: Purwanto Bantenday) 

 

 

TANGSEL, BANTENDAY.com- Keseriusan pemerintahan daerah Kota Tangerang Selatan mengatasi persoalan penerimaan peserta didik baru ( PPDB ) tingkat SMP akhirnya membuat masyarakat lega,  disebabkan masih tersedianya system zonasi yang dapat diakomodir melalui kerjasama dan kesepakatan antara pihak sekolah dan orang tua murid. 




Seperti diutarakan kepala sekolah SMP 17 Pamulang, kota Tangerang Selatan  R Hermayandana Pihaknya  mengakui animo masyarakat untuk bisa bersekolah di sekolah negeri sangat tinggi, di tempat kami saja harus menyisihkan sekitar 800 peserta dan terseleksi sebanyak 360 peserta.




“ Yang jelas kami tetap mengutamakan jalur lingkungan, selama aturan sudah ditetapkan ya, kami tinggal menjalankan”, tukas Hermayandana pria asal Bogor kepada awak media Selasa,(18/7/2017).

 

Sebelumnya,  Julham Firdaus  Ketua DPP BAMUS  Tangsel  menerangkan berdasarkan permendikbud Nomor 17 Tahun 2017 penerapan sistem zonasi, sekolah yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah wajib menerima calon peserta didik yang berdomisili pada radius zona terdekat dari sekolah.

 

“ Radius zona terdekat ditetapkan oleh pemerintah daerah sesuai dengan kondisi di daerah tersebut. Kemudian sebesar 10 persen dari total jumlah peserta didik dibagi menjadi dua kriteria, yaitu 5 persen untuk jalur prestasi, dan 5 persen untuk peserta didik yang mengalami perpindahan domisili. “ ungkap Julham, saat mendampingi warga.

Menurutnya, Tidak dibenarkan sekolah melakukan pungutan, jika mengharuskan adanya pungutan itu dalam bentuk sumbangan sukarela. Karena itu, orang tua dilarang untuk memberikan sumbangan tanpa kesepakatan, harus ada kesadaran bersama dari orang tua dan pihak sekolah,” tandasnya.




Ia menegaskan aturan umum penerimaan siswa dilakukan oleh dinas, sementara aturan pemerintah dan aturan khusus akan diatur langsung oleh sekolah seperti umur siswa atau nilai rata-rata demi menjaga mutu sekolah.(DIAZ/POER/LNH)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Author: 
author

Comments are closed.